Logo Saibumi

Sarapan Cegah Kegemukan! Begini Mengatur Porsinya dengan Piramida Gizi Seimbang

Sarapan Cegah Kegemukan! Begini Mengatur Porsinya dengan Piramida Gizi Seimbang

Piramida Gizi Seimbang | Foto: Anonim

Saibumi.com, Lifestyle – Banyak orang, khususnya wanita yang sengaja melewatkan sarapan karena tidak sempat atau takut gemuk. Padahal, sarapan dengan komposisi tepat justru dapat mencegah perilaku makan berlebihan di siang dan malam harinya. Dengan demikian, sarapan juga dapat mencegah Anda makan berlebih selama seharian, karena saat pagi hingga siang, tubuh memerlukan energi yang banyak. 

Pola makan 4 sehat 5 sempurna tentu sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia, tetapi kini istilah tersebut berganti menjadi piramida gizi seimbang.

Seperti dilansir dari laman detik.com, dokter gizi dr Dian Permatasari, M.Gizi, SpGK, menjelaskan ada 4 tingkatan dalam istilah piramida gizi seimbang. Ia juga menegaskan tingkatan terbawah adalah yang terpenting.

"Di bagian paling bawah adalah karbohidrat untuk memenuhi energi selama seharian, bisa mengonsumsi nasi, mi, spageti sebanyak 3 sampai 4 porsi. Di atasnya ada sayur dan buah disarankan sebanyak kurang lebih 3 porsi sehari," ucapnya dalam seminar nutrisi sehat di kawasan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Kedua, lanjut dia, paling atas ada protein, di mana terbagi menjadi 2 yakni protein nabati dan protein hewani. Nabati seperti kacang, tahu, dan tempe. Sedangkan protein hewani bisa berasal dari berbagai macam daging, ikan dan susu. Tidak lupa minum 8 gelas air setiap hari, paparnya.

"Yang paling atas adalah garam, gula dan lemak. Batasi penggunaan garam kurang lebih 6 gram setiap hari, gula sekitar 5 sampai 9 sendok makan dan lemak. Lemak sebetulnya baik seperti minyak ikan, zaitun dan dari kacang tapi di Indonesia lebih sering yang tidak sehat seperti kelapa sawit," tandasnya.

Dengan memenuhi kebutuhan gizi seimbang, itu artinya sudah memenuhi nutrisi yang kita butuhkan setiap harinya.

"Mudahnya dalam satu piring idealnya setengah berupa sayur, seperempat berupa protein dan karbohidrat," tutupnya. (**)

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong