Logo Saibumi

Bangun Diving Center Pemkab Pesawaran Berbagi Informasi Bagi Penyelam Di Pahawang

Bangun Diving Center Pemkab Pesawaran Berbagi Informasi Bagi Penyelam Di Pahawang

Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona dan Wakil Bupati Eriawan saat meletakkan batu pertama pembangunan Diving Center Pahawang |ist

Margapunduh- Pemerintah Kabupaten Pesawaran melalui Dinas Pariwisata pada tahun ini membangun Diving Center di Dusun IV Kalangan Desa Pulau Pahawang, Kecamatan Margapunduh sebagai tempat informasi dan pelatihan bagi para penyelam. 

Kepastian ini ditandai dengan prosesi peletakan batu pertama yang dilakukan oleh Bupati dan Wakil Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona bersama Eriawan.

"Dengan dibangunya Diving Center ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Pulau Pahawang khususnya di Dusun IV Kalangan," kata Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona usai meletakkan batu pertama Diving Centre di Pahawang, Kamis, 12 Juli 2017.

Menurut politisi partai Demokrat itu, dengan didukung adanya fasilitas-fasilitas pariwisata, maka tentunha dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah tersebut.

"Selama dua tahun memimpin, kami selalu membicarakan bagaimana taraf hidup kesejahteraan masyarakat Pulau Pahawang. Karena kami memiliki cita-cita untuk mengalahkan gili trawangan dan pulau-pulau di Bali. Tentunya saya juga berharap warga dapat memiliki cita-cita yang lebih besar," kata dia dalam rilisnya.

Dikatakan ketua karang taruna Provinsi Lampung itu, dengan adanya pembangunan Diving Center di atas tanah hibah seluas 400 meter tersebut merupakan bentuk konsen pemerintah daerah untuk membangun Pulau Pahawang agar menjadi lebih baik lagi. Namun, dengan adanya fasilitas yang telah diberikan pemerintah tersebut juga harus didukung dengan kesadaran masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan asri.

"Sebab sampah menjadi kunci utama sebagai tempat pariwisata. Apalagi Pahawang memiliki potensi bahari yang cukup besar, maka kita harus berbenah bagaiamana Pahawang dapat menjadi tujuan wisata," jelasnya.

Sedangkan dalam proses pembangunan Diving Center, Bupati juga mengingatkan agar dapat melibatkan masyarakat setempat mulai dari pembangunan, pengelolaan maupun konsumsinya. "Kami juga selalu berfikir bagaimana meningkatkan fasilitas-fasilitasnya dan dapat menyebar tidak hanya di dusun induk saja. Dan pada tahun ini, listrik Desa Pahawang sudah ada jaringan dari PLN paling lambat di awal tahun depan melalui jalur bawah laut," kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pesawaran, Sri Nugraeni menyampaikan bahwa pembanguanan Diving Center melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) dengan anggaran senilai Rp1,5 milyar tersebut memiliki tujuan sebagai pusat informasi dan pelatihan baik bagi para penyelam amtir maupun profesional serta diharapkan mampu menumbuhkan cinta bahari bagi masyarakat dan pengusaha.

"Apalagi Kabupaten Pesawaran bersama tim diving Lampung pada Maret 2019 mendatang menempatkan Pulau Pahawang sebagai tuan rumah Jambore. Dan pembangunan Diving Center ini juga untuk mendukung sebagai tuan tumah tersebut," kata dia. (**)

Laporan wartawan saibumi.com Pesawaran Bambang T 

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong