Logo Saibumi

Wisata Bukit Sakura Kemiling, Berasa Sedang di Jepang!

Wisata Bukit Sakura Kemiling, Berasa Sedang di Jepang!

Bukit Sakura Kemiling | Obbie Fernando/Saibumi.com

Saibumi.com, Bandar Lampung - Merayakan Hari Raya Idul Fitri 1439 H, tak lengkap rasanya kalau belum liburan ke tempat-tempat wisata. Bandar Lampung memiliki salah satu bukit yang baru dibangun sekitar satu tahun lalu dengan bertema sakura bak di Negeri Tirai Bambu bernama Bukit Sakura Kemiling.

Pemilik Bukit Sakura Sanusi Musa membangun bisnis ini sejak tahun 2017 lalu. Berawal dari seseorang yang ingin menjual kebunnya, lokasi ini akhirnya dibuat tempat wisata yang dinikmati untuk umum.

"Berdirinya akhir 2017 tepatnya bulan november, jadi tadinya ini bukan untuk wahana hiburan umum. Sebelumnya ini kami beli untuk kebun, ada yg menjual karena butuh uang. Lalu coba kita naik kesini (Bukit Sakura) lihat-lihat ukurannya ternyata 3400 meter," ungkap Sanusi pada Selasa, 4 Juni 2018.

Awal dibangunnya, akses jalan ke tempat wisata ini cukup sulit. Selain jalannya yang sempit, tanjakan menuju lokasi sangat curam dan terjal.

"Waktu itu susah akses kesini karena jalannya punya orang lain, lalu ketemu sama orang yang punya tanah. Lalu dihibahkan sama yang punya sebanyak 2 meter dan saya tambahkan lebar lagi 2 meter. Jadi 4 meter, tapi yang tambahan itu saya bayar," lanjutnya.

Pria pensiunan jaksa ini juga menuturkan pada tahap pembangunan hanya dibuat beberapa pondok. 

"Waktu kita garap ini dan kita buat 1 pondok dan kantin. Waktu ini sudah jadi sudah bagus tapi belum diaspal, kok anak-anak muda naik (menuju puncak) tiap hari pakai motor. Lalu ada mahasiswa dari Darmajaya, Unila dan yang lainnya bilang katanya sudah pak dikomersilkan saja untuk wisata," ujar pria ini 

Seiring berjalan, mulailah menanam beberapa tanaman sebagai penghias bukit ini. "Akhirnya kita bangun tanamin bunga-bunga sampai nyari rumput gajah mini aja di Metro habis Rp11 juta. Nah ini harus pelihara, kita buat tiket masuk untuk perawatan ini," kata dia 

Lampung banyak sekali kawasan wisata perbukitan, ini tidak menyusutkan semangat ayah 2 anak ini dalam berkompetitor dengan rivalnya.

"Kelebihannya mungkin enggak banyak, tapi kalau cost masuknya mungkin termurah boleh dibedakan sama yang lain. Kalau disini makanan yang paling mahal itu hanya ayam geprek harganya Rp15 ribu," jelasnya.

Sejauh ini kujungan dari luar kota sudah cukup banyak ke Bukit Sakura ini, bahkan ada yang dari luar pulau juga. "Kalau pengunjung ini yang saya tahu ada yang dari Krui, Lampung Timur, Kotabumi malah waktu itu 1 rombongan dari Bandung. Ramainya itu hari sabtu sama minggu, beberapa minggu lalu pernah sampai 700 orang naik kesini," beber dia.

Sebelumnya nama tempat wisata ini adalah Bukit Batu Jati, karena ada permintaan warga sekitar diubah menjadi Bukit Sakura. "Tadinya kan niatnya bikin namanya Bukit Batu Jati, tapi orang-orang disini minta karena nama jalan disini nama kota-kota di Jepang. Yaudh akhirnya namanya Bukit Sakura,"tuturnya. 

Di lokasi ini ada beberapa tempat penginapan yang cukup rekomended. "Penginapan yang pertama ini ada 5 kamar itu isinya lengkap, harus diambil borongan enggak boleh diambil 1 kamar itu harganya Rp1.700.000 per malam. Kalau yang cotage kecil sana, itu juga lengkap harganya Rp500 ribu per malam," tutupnya. 

Untuk diketahui tempat wisata Bukit Sakura berlokasi di Jalan Batukalam, Langakpura, Kemiling, Kota Bandar Lampung, Lampung.Jam operasional untuk umum dibuka mulai pukul 09.00 WIB - 21.00 WIB.Harga tiket masuk dikenakan Rp10 ribu per orang dan sudah mendapatkan teh gelas.(*) 

Laporan kontributor Saibumi.com Obbie Fernando

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong