Logo Saibumi

Khotbah di Masjid Al-Ikhlas Ponorogo Gunakan Bahasa Jawa

Khotbah di Masjid Al-Ikhlas Ponorogo Gunakan Bahasa Jawa

Suasana Sholat Ied di Masjid Al-Ikhlas Kabupaten Ponorogo, Jumat, 15 Juni 2018 | Obbie Fernando/Saibumi.com

Saibumi.com, Jawa Timur - Hari Raya Idul Fitri serentak dilaksanakan pada hari ini diseluruh Indonesia. Seperti di Jawa Timur, Sholad Ied di Masjid Al-Ikhlas Kabupaten Ponorogo memiliki keunikan tersendiri. Pada saat diisi ceramah oleh ustad setempat, masjid ini menggunakan bahasa Jawa Halus.
 
Menurut warga Kabupaten Ponorogo, Misri menjelaskan memang di setiap masjid di sekitar kabupaten ini menggunakan bahasa jawa.
 
"Disini pakai bahasa jawa semua ceramah di masjid, enggak ada yang pakai bahasa Indonesia," ujar Misri pada Jumat, 15 Juni 2018.
 
Menurutnya kebiasaan ini sudah menjadi adat setempat dan sudah dilakukan sejak dahulu. Sampai saat ini tata cara seperti ini masih dipegang teguh oleh masyarakat Ponorogo.
 
"Ini dari dulu udah kaya gini, malah kalau Jawa Timur lebih agak kasar cara bahasanya. Di Jogja sama Solo lebih halus lagi bahasanya," jelasnya.
 
Bahasa jawa di Kabupaten Ponorogo memang sudah menjadi bahasa keseharian di lingkungan. Maka dari itu, masyarakat sekitar sudah terbiasa dengan bahasa yang digunakan di segala tempat.(*)
 
Laporan kontributor Saibumi.com Obbie Fernando

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong