Logo Saibumi

Tersedia Fasilitas AC Hingga Wifi, Kereta Api Kuala Stabas Beroperasi Guna Meningkatkan Akses Transportasi Lampung

Tersedia Fasilitas AC Hingga Wifi, Kereta Api Kuala Stabas Beroperasi Guna Meningkatkan Akses Transportasi Lampung

Suryawan (tengah) mengringi tamu undangan dalam peninjauan langsung fasilitas di KA Kuala Stabas Premium | Anisah Farras/Saibumi.com

Saibumi.com, Bandar Lampung - Kereta Api Kuala Stabas Premium karya anak bangsa resmi diluncurkan guna meningkatkan akses transportasi yang ramah lingkungan dengan fasilitas yang memadai.

Kepala PT KAI Divre IV Tanjung Karang Suryawan mengatakan kereta api tersebut diproduksi dalam negeri untuk penggunaan fasilitas masyarakat Indonesia.

"Kereta yang baru dibuat pada tahun 2017 oleh PT. INKA (industri Kereta Api)  di Madiun Jawa Timur ini didatangkan oleh PT. Kereta Api Indonesia (Persero) ke Lampung pada 4 Maret 2018," ungkapnya, Senin, 11 Juni 2018.

Kereta yang memiliki kapasitas 640 tempat duduk terdiri dari delapan gerbong, memiliki fasilitas antara lain CCTV, support wifi, AC sentral, reclyining seat/rebah tempat duduk, televisi layar datar, support bagi para disabilitas, tanda dan peralatan keadaan darurat, display monitor informasi, dan toilet yang ramah lingkungan. 

"Kereta api ini disiapkan untuk kenyamanan, keamanan, dan keselamatan penumpang," jelasnya di Statsiun Tanjungkarang. 

Tersedia juga pelayanan makanan dan minuman dan dilayani para pramugara/i, serta ditambah dukungan daya energi. “Disiapkan satu gerbong restorasi yang menjual berbagai makanan dan minuman. Kebutuhan kelistrikan kereta premium ini juga didukung dengan genset berkekuatan 500 KVA,"paparnya.

Ia juga berharap dengan adanya kereta baru ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mengurangi kepadatan kendaraan di jalan raya. “Dapat menarik minat masyarakat untuk menggunakan transportasi masal yaitu kereta api yang bebas macet, ramah lingkungan dan rendah polusi," tutupnya (*)

Laporan kontributor Saibumi.com, Anisah Faras

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong