Logo Saibumi

Berornamen Dinding Batu, Uniknya Interior Masjid Raya At-Tanwir Lampung

Berornamen Dinding Batu, Uniknya Interior Masjid Raya At-Tanwir Lampung

Masjid Raya At-Tanwir Institut Teknologi Sumatera, Jumat, 18 Mei 2018 | Obbie Fernando/Saibumi.com

Saibumi.com, Bandar Lampung - Berbeda dengan desain interior masjid pada umumnya, Masjid Raya At-Tanwir Itera ini berdiri dengan ornamen dinding bebatuan dan terkesan unik dan alami.

Masjid yang berdiri sekitar 500 meter dari gedung B Institut Teknologi Sumatera ini sangat unik untuk dikunjungi, selain berornamen dinding batu masjid ini akan menjadi masjid terbesar di pulau sumatera.

 

Tampak luar Masjid Raya At-Tanwir Itera | Obbie Fernando/Saibumi.com

Pengurus Masjid Raya At-Tanwir Institut Teknologi Sumatera Prio Santoso menjelaskan bahwa berdirinya masjid ini dimulai sejak tahun 2016 dan diresmikan pada tahun 2017.

"Jadi masjid ini peletakan batu pertamanya pada oktober 2016, kemudian diresmikan pada tanggal 6 oktober 2017. Waktu persemian juga sekaligus dipakai untuk sholat jumat pertama di masjid ini. Yang meresmikan Ketua MPR RI Bapak Zulkifli Hasan," Ungkap dia kepada Saibumi.com, Jumat 18 Mei 2018.

 

Peresmian Masjid Raya At-Tanwir Itera | Obbie Fernando/Saibumi.com

Banyak orang yang datang beribadah karena keunikan Masjid Raya At-Tanwir ini. Kedepannya masjid ini akan menambah daya tampung jama'ah sampai 42000 orang dan akan menjadi masjid terbesar di pulau sumatera.

"Sebetulnya desain utamanya nanti ini jadi masjid raya terbesar di pulau sumatera kapasitas jama'ah indoor maupun outdoor itu 42000 jama'ah. Cuman dana yang dibutuhkan untuk membangun dengan kapasitas itu masih terbatas. Maka kemarin dengan dana yang tersedia gimana supaya terlihat menarik akhirnya dibuatnya seperti ini",lanjut pria berompi coklat ini.

 

Jemaah masjid Masjid Raya At-Tanwir Itera yang mayoritas mahasiswa Institut Teknologi Sumatera | Obbie Fernando Saibumi.com

Kegiatan di masjid ini juga cukup padat di bulan Ramadhan. Pengurus setiap hari mengadakan kajian menjelang berbuka sekaligus buka puasa bersama dengan mahasiswa Itera.

"Alhamdulilah banyak, setiap sore menjelang buka kita ada kajian berbuka puasa sekitar jam 17.30 WIB. Dilanjutkan berbuka lalu pengurus menyediakan makannan dan takjil. Jadi mahasiswa di sekitar mau mau berbuka silahkan ke Masjid Raya At-Tanwir Itera, kemudian malamnya dilanjutkan tarawih berjama'ah disini," jelasnya.

 

Tampak samping Masjid Raya At-Tanwir Itera | Obbie Fernando/Saibumi.com

Karena masjid ini dekat dengan pintu tol sumatera, kedepannya masjid akan membuka rest area untuk tempat istirahat. 

"Yang jelas masjid ini sebagai pusat dakwah di Itera sekaligus bisa untuk wisata rohani. Karena 400m dari sini itu pintu keluar tol, jadi nanti orang dari bakauheni kita sediakan rest area juga. Bisa istirahat sekaligus ibadah juga," tutupnya.(*)

Laporan kontributor Saibumi.com Obbie Fernando

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong