Logo Saibumi

Jangan Takut Ujian Nasional ! Berikut 5 Tips Dari Pakar Studi University of East London

Jangan Takut Ujian Nasional ! Berikut 5 Tips Dari Pakar Studi University of East London

Ilustrasi Ujian | Ist (ndtv.com)

Saibumi.com, Tips - Hari ujian telah tiba, semoga Anda telah mempersiapkan diri dengan baik. Tetapi apakah ada tips dan strategi ujian yang dapat Anda gunakan di ruang ujian untuk meningkatkan nilai Anda? Berikut tips dari Stella Cottrell pakar studi dari University of East London, UK yang dilansir dari student.com :

1. Kelola Pola Pikir

Wajar jika anda merasa khawatir saat ujian tetapi  harus memiliki strategi yang baik, Anda harus benar-benar dapat menikmatinya! Jika Anda merasa cemas, maka arahkan energi gugup itu ke saluran positif. Ingat bahwa beberapa stres memiliki efek yang menguntungkan. Ini dapat membantu Anda untuk tetap waspada, fokus pada ujian dan diberi energi.

2. Kenali Daftar Pertanyaan

Jangan berlomba atau terburu-buru untuk mulai menulis sebelum Anda memeriksa melalui kertas. Baca instruksi dan semua pertanyaan perlahan dan setidaknya dua kali. Soroti berapa banyak pertanyaan yang harus Anda jawab dari setiap bagian.

3. Buat Target Waktu Setiap Soal

Setelah Anda jelas tentang pertanyaan yang akan Anda jawab, rencanakan waktu Anda. Tulis dengan cepat waktu Anda akan memulai setiap bagian atau pertanyaan. Rencanakan untuk menyelesaikan setidaknya sepuluh menit sebelum ujian berakhir, jadi Anda punya waktu untuk memeriksa kertas Anda.

Jika Anda memiliki pilihan pertanyaan, pertimbangkan apakah beberapa di antaranya akan membutuhkan waktu lebih lama untuk dijawab. Jika ada pertanyaan yang lebih mudah, maka gunakan lebih banyak waktu untuk menjawab soal itu. Banyak orang merasa bermanfaat untuk memulai dengan pertanyaan-pertanyaan yang mereka anggap paling mudah, dan kembali lagi nanti kepada mereka yang mereka anggap lebih menantang.

4. "Saya tidak percaya saya melakukan itu!" Hindari Penyesalan Itu!

Setiap tahun, siswa kehilangan nilai yang tidak perlu untuk kesalahan konyol. Misalnya, mereka lupa untuk memeriksa apakah ada pertanyaan di kedua sisi kertas ujian atau lupa melingkari kertas jawaban bahkan lupa mengisi nama atau identitas diri. Ujian itu hal yang penting karena ketika hal semacam ini terjadi, bisa berakibat fatal

5. Pemeriksaan Akhir

Periksa dengan teliti semua jawaban Anda, cari semua kesalahan yang tidak disengaja. Baca perlahan untuk memeriksa kata-kata yang hilang dan untuk melihat bahwa jawaban Anda masuk akal. Jika Anda melihat kesalahan, mengubahnya, bahkan jika itu membuat kertas yang ditulis tangan terlihat sedikit tidak rapi. Rencanakan waktu Anda dengan baik sehingga Anda dapat melakukan pemeriksaan akhir yang penting ini.

Untuk informasi lebih detail anda bisa membaca buku The Exam Skills Handbook,  Critical Thinking Skills and The Study Skills Handbook all written by Stella Cottrell and published by Palgrave.

“Stella Cottrell is Pro-Vice-Chancellor for Learning, Teaching and Student Engagement at the University of East London, UK. She has an international reputation for teaching and learning with her best selling publications for staff and students being used by universities and colleges around the world.” (**)

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong