Logo Saibumi

Tumpukan Sampah di Perbatasan Pekon Kotabesi Mengganggu Pemandangan

Tumpukan Sampah di Perbatasan Pekon Kotabesi Mengganggu Pemandangan

Beginilah keadaan sampah yang ada di perbatasan Pekon Kotabesi dan Canggu | Edi Saputra/Saibumi.com

Saibumi.comLampung Barat - Tumpukan sampah di pinggir jalan, tepatnya di perbatasan Pekon Kotabesi dengan Pekon Canggu, Kecamatan Batuberak, Lampung Barat, di keluhkan pengguna jalan, karena sudah masuk ke badan jalan dan terlihat kumuh.

Salah seorang pengguna jalan, Tosa mengatakan lokasi itu terlihat sangat jorok, belum lagi bau tidak sedap yang ditimbulkan.

"Tumpukan sampah itu terlihat sangat jorok karena tumpukannya sudah sangat tinggi, selain itu saat melintas menimbulkan aroma yang menyengat karena bau," kata dia.

Sebelumnya, Pemkab melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) sempat memberikan tempat sampah, tetapi saat ini sudah tidak ada lagi.

"Sebelumnya ada tempat pembuangan sampah, tetapi saat ini tidak ada lagi. Sepertinya DLH tidak serius terkait tumpukan sampah yang ada di pekon tersebut, seharusnya masalah sampah cepat ditangani sehingga tidak terjadi seperti sekarang ini. Tumpukan sampah juga bisa menimbulkan longsor mengingat sampah itu berada di pinggiran jurang," ungkap dia.

Sementara itu, Peratin Pekon Kotabesi Gunawan, membenarkan jika ada tumpukan sampah di wilayah perbatasan pekonnya, bahkan saat Musrenbang sempat dibahas dengan pihak pemkab.

"Sampah itu memang sudah lama terjadi. Namun sampah itu bukan hanya sampah warga kami tetapi sampah warga Kecamatan Batuberak, artinya tanpa adanya penanganan khusus dari pemkab pembuangan sampah tetap akan terjadi," kata Gunawan.

Lanjut dia, solusi terbaiknya sampah tersebut harus dibersihkan terlebih dahulu memakai alat berat, setelah itu baru dilakukan langkah selanjutnya.

"Sampah itu kalau tidak ada capur tangan DLH itu tidak akan selesai, contohnya sudah di beri tempat sampah beberapa waktu lalu tetapi tidak efektif. Menurut saya sampah dibersihkan dengan alat berat untuk di buang kedalam jurang, kalau sudah bersih baru disediakan tempat sampah sementara atau baiknya dibentuk perda terkait larangan sampah sembarangan, itu baru bisa terselesaikan," jelas dia.

Masyarakat juga dihimbau agar tidak lagi membuang sampah dilokasi tersebut.

"Saya tetap menghimbau masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan, sehingga masyarakat sekitar juga tudak terganggu oleh bau yang ditimbulkan, selain itu juga tidak menimbulkan penyakit," harap Gunawan. (*)

 

Laporan wartawan Saibumi.com Edi Saputra

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong