Logo Saibumi

Kukuhkan ICMI dan Pengurus MUI, Inilah Harapan Besar Wakil Bupati Way Kanan

Kukuhkan ICMI dan Pengurus MUI, Inilah Harapan Besar Wakil Bupati Way Kanan

Wakil Bupati Edward saat menyampaikan sambutannya | Sandi Indra/Saibumi.com

Saibumi.com, Way Kanan - Kukuhkan Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) dan Pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Way Kanan, Wakil Bupati Edward Antony berharap dapat menciptakan sinergi yang baik dengan pemkab. 

"Tidak hanya bersinergi tapi berkolaborasi bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Way Kanan dalam rangka mewujudkan visi Kabupaten Way Kanan Maju dan berdaya saing 2021," kata dia.

Edward melanjutkan, berdirinya ICMI juga tidak dilatarbelakangi oleh politik, melainkan didorong oleh kesadaran kaum cendekiawan muslim untuk meningkatkan perannya dalam pembangunan bangsa.

"ICMI adalah organisasi kemasyarakatan yang bersifat keagamaan dan kebudayaan dan dibentuk atas dasar kesamaan cita-cita dan profesi kecendekiawanan, keilmuan yang merujuk pada cara atau proses dalam mencapai tujuan. Sebagai organisasi cendekiawan ICMI bercorak terbuka, bebas dan mandiri," ungkap dia saat memberikan sambutan di Gedung Serba Guna, Kamis, 22 Februari 2018.

Misi penting yang diemban ICMI, tambah Edward, adalah menghimpun dan meningkatkan partisipasi umat Islam di segala bidang kehidupan.

"Tujuan himpunan ICMI difokuskan pada kualitas manusia yang disimbolkan dengan huruf “K”, dengan kata lain, tujuan ICMI adalah pencapaian 5K atau lima kualitas manusia yaitu kualitas iman, kualitas pikir, kualitas kerja, kualitas karya, dan kualitas hidup," papar wakil bupati itu.

Bersamaan dengan itu, Ia juga berpesan agar para ulama dapat memberikan contoh baik pada masyarakat.

"Amanah ulama ini sangat berat dan perlu dilaksanakan dengan sungguh- sungguh. Ulama dan khususnya pengurus MUI harus memiliki ilmu pengetahuan keagamaan yang mendalam, sehingga menjadi tempat bertanya bagi masyarakat. Juga harus memberi contoh untuk terus-menerus belajar sebagaimana para ulama salafus shalih terdahulu. Diskusi dan dialog lisan maupun tulisan yang terjadi pada masa lalu telah membangun khazanah keilmuan yang sangat berharga dan sangat tinggi nilainya," sambung dia.

Selain itu, lanjutnya, MUI perlu memberikan perhatian khusus pada program kaderisasi ulama, dengan melakukan penjaringan kader-kader muda yang potensial. MUI perlu merumuskan konsep pendidikan Islam yang ideal dari tingkat dasar sampai perguruan tinggi untuk menentukan konsep pembentukan insan-insan Muslim yang ideal di masa depan. Kedua kekuatan ini tentu tidak dapat dipisahkan, Ulama yang cendikia, dan cendikia yang ulama demikianlah sosok yang tercermin dalam perjuangan Rasulullah SAW, sehingga diharapkan jika dua kekuatan ini berkolaborasi akan mampu mendorong kemajuan dan memberikan daya saing untuk Kabupaten Way Kanan. Tentu saja kita semua optimis untuk mencapainya. Dengan semangat kebersamaan dan potensi yang ada mari kita bersama-sama dan saling bahu-membahu untuk lebih fokus pada agenda-agenda pembangunan di Kabupaten Way Kanan yang sama-sama kita cintai ini. (*)

 

Laporan Wartawan Saibumi.com Sandi Indra

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong