Logo Saibumi

DKP Way Kanan Sosialisasikan Konsep Ketahanan Pangan

DKP Way Kanan Sosialisasikan Konsep Ketahanan Pangan

Sosialisasikan pengembangan desa mandiri pangan dan tata cara sertifikasi | Sandi Indra/ Saibumi.com

Saibumi.comWay Kanan - Untuk memenuhi konsep ketahanan pangan, Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Way Kanan sosialisasikan pengembangan desa mandiri pangan dan tata cara sertifikasi, Rabu, 21 Febuari 2018.

Hal tersebut sebagaimana diamanatkan Undang-Undang Nomor 07 Tahun 1996 tentang pangan. Pengembangan Desa Mandiri Pangan ini bertujuan untuk meningkatkan keberdayaan masyarakat pedesaan. Dengan cara mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki untuk mencapai kemandirian pangan rumah tangga dan masyarakat.

Sasaran dari kegiatan ini adalah rumah tangga miskin di desa rawan pangan, seperti Kampung Tiuh Balak 2, Kecamatan Gunung Labuhan itu.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Way Kanan, Sumanto memaparkan konsep ketahanan pangan adalah kondisi terpenuhinya pangan bagi rumah tangga yang tercermin dari tersedianya pangan yang cukup, baik jumlah maupun mutunya, aman, merata dan terjangkau.

Berdasarkan konsep tersebut, lanjutnya, maka terdapat beberapa prinsip yang terkait baik langsung maupun tidak langsung yang harus diperhatikan. Rumah tangga sebagai unit perhatian terpenting pemenuhan kebutuhan pangan nasional maupun komunitas dan individu, itu kewajiban negara untuk menjamin hak atas pangan setiap warganya yang terhimpun dalam satuan masyarakat terkecil untuk mendapatkan pangan bagi keberlangsungan hidup terangnya.

Berikutnya, DKP Kabupaten Way Kanan juga mensosialisasikan tata cara sertifikasi pangan segar asal tumbuhan produk Pisang Cavendish yang diambil dari Kampung Simpang Asam Kecamatan Banjit. (*)

 

Laporan wartawan Saibumi.com Sandi Indra.

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong