Logo Saibumi

Asuransi Ternak Program Keberlangsungan Hewan Ternak di Lampung

Asuransi Ternak Program Keberlangsungan Hewan Ternak di Lampung

Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Sutono saat menyerahkan penghargaan kepada Bupati Pringsewu Sujadi Saddat. | Istimewa

Saibumi.com, Pringsewu - Pemerintah Provinsi Lampung mencarikan solusi keberlangsungan peternakan dengan melakukan program asuransi ternak.

Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Sutono usai melakukan penindakan di stan peserta Rembug Ternak mengatakan, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), kondisi perekonomian Lampung pada bulan September cukup baik. NTP Provinsi Lampung September 2017 naik sebesar 0,50 persen, untuk masing-masing subsektor tercatat sebesar 106,54 persen.

"Untuk subsektor Padi dan Palawija (NTP-P), 94,92 persen, subsektor Hortikultura 106,54 persn, subsektor Tanaman Perkebunan Rakyat (NTP-Pr) 116,42 persen, subsektor Peternakan (NTP-Pt) 109,97 persen dan subsektor Perikanan Tangkap dan Budidaya 95,32 persen. Sedangkan NTP Provinsi Lampung tercatat sebesar 105,97 persen, artinya bahwa usaha pada sub sektor peternakan memiliki prospek yang cukup cerah," terang Sekda Provinsi Lampung, Sutono, saat menghadiri rembug ternak 2017 di Pringsewu. 

Disisi lain, lanjut Sutono, jaminan keamanan dan keberlangsungan usaha peternakan rakyat penting dicarikan solusinya untuk menyejahterakan peternak. Asuransi ternak misalnya, adalah salah satu program yang harus didukung dan dikembangkan.

"Sampai saat ini, tercatat ada 3,961 ternak sapi di Provinsi Lampung dari 190,889 total populasi betina produktif berdasarkan target akseptor SIWAB di Provinsi Lampung telah mengikuti program asuransi usaha ternak sapi (AUTS). Ini berarti baru 2.09 persen yang kepemilikan ternaknya terlindungi, artinya masih ada 97,91 persen yang perlu perhatian serius," jelas dia dalam rilisnya.

Bupati Pringsewu Sujadi, menambahkan, dalam rangka mendukung pembangunan peternakan berkelanjutan yang berwawasan pada pelestarian lingkungan, maka perlu juga dikembangkan kegiatan integritas peternakan dengan sektor pertanian atau perkebunan.

“Pada akhirnya pembangunan peternakan yang berbasis agribisnis melalui pemanfaatan sumberdaya lokal diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar. Dalam rangka pemberdayaan usaha peternakan, rakyat juga dapat memberikan daya saing dan memberikan kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi pedesaan serta kesejahteraan peternak,” terangnya. (**) 

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong