Logo Saibumi

Percepatan Pembangunan Fisik ITERA untuk Saingi ITB, Butuhkan Rp3,72 Triliun Lagi

Percepatan Pembangunan Fisik ITERA untuk Saingi ITB, Butuhkan Rp3,72 Triliun Lagi

Rektor ITERA Ofyar Z Tamin saat menyampaikan sambutannya dalam sidang senat Dies Natalis ketiga di Aula kampus setempat Jumat, 6 Oktober 2017. | Istimewa

Saibumi.com, Lampung Selatan – Institut Teknologi Sumatera (ITERA) membutuhkan Rp3,72 triliun untuk melakukan percepatan pembangunan kampusnya.

Hal ini disampaikan oleh Rektor ITERA Ofyar Z Tamin dalam sambutannya pada acara Dies Natalis ketiga di Aula kampus setempat Jumat, 6 Oktober 2017.

“Pada awalnya ITERA ditargetkan mampu setara secara kualitas maupun kuantitas dengan perguruan tinggi pembinanya yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB) dalam waktu 20 tahun. Namun, Bapak Gubernur Provinsi Lampung memberi masukan dan mendorong ITERA untuk dapat melakukan percepatan agar cita-cita tersebut terwujud dalam waktu yang lebih cepat lagi yaitu 10 tahun mendatang (2027),” ungkapnya.

Untuk itu, kata dia, percepatan pembangunan ITERA ini telah masuk dalam program prioritas Pemerintah Provinsi Lampung yang telah disampaikan langsung oleh Bapak Gubernur kepada Bapak Presiden Republik Indonesia pada rapat terbatas antara Gubernur dengan presiden tanggal 6 Maret 2017 di kantor presiden,” bebernya.

Ofyar menerangkan selang waktu dua minggu, hasil rapat terbatas ini langsung ditindaklanjuti oleh Kepala Bappenas yang mengarahkan agar ITERA segera membuat Masterplan Percepatan Pembangunan Kampus ITERA 10 tahun. “Masterplan Percepatan ITERA ini dibagi tiga tahapan yakni tahap I (2017-2020), tahap II (2021-2024), dan tahap III (2025-2027). Dimana pada tiga pembangunan ini akan difokuskan pada sarana dan prasarana fisik untuk mendukung terealisasinya tiga pusat riset unggulan ITERA yaitu Green Infrastructure Research Center, Renewable Energy Research Center, dan Community-Based Development Research Center,” ujarnya.

Tahap I, lanjut dia, ITERA masih membutuhkan dana anggaran senilai Rp1,04 triliun. “Tahap II ITERA membutuhkan Rp1,413 triliun dan tahap III ITERA membutuhkan Rp1,264 triliun. Guna mendukung percepatan pembangunan selama 10 tahun ITERA membutuhkan Rp3,72 triliun. Untuk itu kami sangat mengharapkan dukungan dan bantuan dari pemerintah pusat, pemerintah Provinsi Lampung, dan pemerintah provinsi lainnya se Sumatera serta pemerintah kabupaten/kota se Provinsi Lampung agar percepatan pembangunan ini dapat segera direalisasikan,” tandasnya. (*)

BACA JUGA

Laporan wartawan Saibumi.com Aji Saktiyanto

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong