Logo Saibumi

Pusat Riset dan Pengembangan ITERA - BMKG Diresmikan sebagai Laboratorium Pendukung Prodi Baru

Pusat Riset dan Pengembangan ITERA - BMKG Diresmikan sebagai Laboratorium Pendukung Prodi Baru

Salah satu alat yang telah dipasang di Pusat Riset dan Pengembangan ITERA Kamis, 14 September 2017. | Aji Saktiyanto/ Saibumi.com.

Saibumi.com, Lampung Selatan - Pusat Riset dan Pengembangan Bersama Institut Teknologi Sumatera (ITERA) dan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) digunakan sebagai laboratorium program studi (prodi) sains, atmosfir, dan keplanetan. 

Rektor ITERA Ofyar Z Tamin mengatakan ITERA memiliki lahan 275 hektare dan 2 hektare untuk BMKG. "Silahkan diletakan pak. Disini menjadi pusat riset pengembangan bersama. Pusat ini nanti menjadi salah satu prodi baru kita borangnya sedang disusun yakni sains, atmosfer dan keplanetan," ungkap dia dalam sambutan peresmian.

Masih kata dia, tahun depan akan dibuka juga OAIL (Observatorium Astronomi ITERA Lampung). "ITERA sangat beruntung karena mendapatkannya diawal-awal tahun. Pusat riset dan pengembangan bersama ini bukan dimiliki oleh ITERA tapi sipil juga," ujarnya.

Dia menambahkan ITERA juga punya teknik fisika yang juga menjadi instrumentasi. "Kami atas nama ITERA juga mengucapkan terima kasih tinggi-tingginya dikepemimpinan pak Andy Eka Sakya. Lima ya pak Klimatologi, Meteorologi, Geofisika, Mitigasi, dan kegempaan," bebernya.

Dia berjanji akan memanfaatkan ini untuk pengembangan pendidikan. "ITERA juga akan menggunakan bukan hanya kepentingan ITERA tapi universitas-universitas lainnya yang ada di Lampung," imbuhnya.

Sementara Deputi Meteorologi BMKG Yunus Subagiyo Swarinoto mengucapkan terima kasih atas kepercayaan ITERA yang diberikan kepada BMKG. "Tentu pusat riset dan pengembangan ini ditunggu-tunggu bagi para mahasiswa dan peneliti. Kolaborasi antara ITERA dan BMKG di tahap-tahap awal akan disambung dengan pengadaan alat-alat lainnya. Peralatan yang ditempatkan dipusat ini yang telah memenuhi standar WMO," ujarnya.

Dia berharap kegiatan-kegiatan penelitian dan pengembangan riset ini dapat bermanfaat dalam perkembangan cuaca yang datang. "Seperti yang disampaikan oleh pak Rektor pusat riset dan pengembangan ini juga bisa digunakan oleh universitas lainnya di Lampung," tutupnya. (*)

Laporan wartawan Saibumi.com Aji Saktiyanto

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong