Logo Saibumi

Gelar ICoSITeR 2017 Hadirkan Kemen ESDM dan Profesor Luar Negeri, ITERA Ingin Dikenal Diluar

Gelar ICoSITeR 2017 Hadirkan Kemen ESDM dan Profesor Luar Negeri, ITERA Ingin Dikenal Diluar

Prof Yusaku Fujii dari Gunma University saat berbicara di ICoSITeR 2017 bertempat di Aula ITERA, Jumat, 25 Agustus 2017.| Aji Saktiyanto/ Saibumi.com.

Saibumi.com, Lampung Selatan - Institut Teknologi Sumatera kembali menggelar International Conference Science Infrastructure Technology Development Regional (ICoSITeR) 25-26 Agustus 2017.
 
Adapun konfrensi menghadirkan pembicara dari Kementerian Energi Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Prof Sigit Hardwinarko, Prof Yusaku Fujii dari Gunma University Japan, Doyoung Byun dari Sungkyunkwan University Seoul, Conny K Wahjoe dari Politeknik Negeri Bandung, dan Dekan Teknik Infrastruktur dan Kewilayahan ITERA Rahayu Sulistyorini.
 
Rektor ITERA Ofyar Z Tamin mengatakan ini tahun kedua ICoSITeR digelar. "Tahun lalu temanya infrastruktur teknologi dan pengembangan wilayah," ungkap dia kepada wartawan.
 
Menurutnya, tahun ini fokus terhadap ilmu pengetahuan infrastruktur teknologi dan pengembangan wilayah. "Ada pembicara dari Kementerian ESDM dan universitas luar negeri di Japan dan Korea Selatan," tuturnya.
 
Ketua Panitia ICoSITeR Prof Leo Hariwiryanto menambahkan konferensi mengambil tema sains, infrastruktur dan pengembangan wilayah karena sesuai dengan jurusan yang ada di ITERA. "Ini sudah mencakup semuanya. Semuanya bisa terlibat. memang dari bikin konferensi ini," ujarnya.
 
Adapun temanya dipilih berbeda-beda, lanjut dia, karena Sumatera sendiri lumbung energi yang potensial. "Kita melihat dari berbagai segi. Bagaimana menggali energi dari Sumatera. Supaya dirangkum semuanya. Sehingga mereka punya link. Dari segi ilmunya bagaimana. Kami mengundang juga dari ESDM," urainya.
 
Menurutnya terdapat 140 peserta yang registrasi dan yang presentasi terdapat 87 pemakalah. "Sesuai dengan bidangnya kita memilih dari Korea dan Jepang. Ya (kiblat, ed) energi dan infrastruktur. Kami, kita punya kontak ke Gunma dan Seoul. Masih ada kontaknya aja dulu," bebernya.
 
Dia berharap yang utama ITERA terkenal diluar dulu. "Kemudian mau mengadakan full papernya diterbitkan dijurnal internasional. Tidak hanya orang Indonesia tapi juga luar tahu papernya tersebut," imbuhnya.
 
ICoSITeR juga, kata dia, meningkatkan rate dari dosen-dosen ITERA. "Untuk kenaikan pangkat mereka berguna juga adanya konferensi ini dengan pembuatan papernya," tandasnya. (*)
 
Laporan wartawan Saibumi.com Aji Saktiyanto

BACA JUGA: Ribuan Peserta Ikuti Lomba Mewarnai Nasional PT Standarpen Industries Mengenal Budaya Nusantara

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong