Logo Saibumi

Koleksi Buku Berubah Warna Menjadi Kekuningan, Ini Penyebabnya

Koleksi Buku Berubah Warna Menjadi Kekuningan, Ini Penyebabnya

Ilustrasi koleksi buku | ist

Saibumi.com- Dari Anda mungkin ada yang suka mengoleksi buku, baik buku cerita, komik, majalah, maupun koran. Namun lama kelamaan warna lebaran buku yang semula putih lama-lama menjadi kekuningan.

Nah, berdasarkan hasil penelitian, warna kertas yang semula berwarna putih berubah menjadi kekuningan karena adanya proses oksidasi seperti di lansir media Bobo. Apa, ya, oksidasi itu?

Kertas Terbuat dari Batang pohon

Kertas dibuat dari batang pohon. Sel pada batang pohon tersusun dari beberapa molekul, dua di antaranya yaitu selulosa dan lignin. Selulosa adalah bahan yang bertugas untuk menyusun dinding sel pada batang pohon. Sedangkan lignin berfungsi untuk menjaga batang pohon untuk tetap kuat dan keras.

Selulosa dan Lignin

Sel batang pohon yang ada lalu diubah menjadi kertas dan dua molekul tadi, selulosa dan lignin, ikut terbawa ke dalam kertas yang sudah dibuat. Kertas yang dibuat pada dasarnya berwarna putih. Nah, yang memberi warna putih pada kertas adalah selulosa tadi. Semakin banyak jumlah selulosa pada kertas, maka warnanya semakin putih.

Berbanding terbalik dengan selulosa, keberadaan lignin pada kertas justru membuat kertas semakin tidak putih atau kita sebut menguning.

Kertas Menguning Akibat Lignin yang Teroksidasi

Semakin lama, lignin yang ada akan teroksidasi (terurai) oleh oksigen ke udara dan pecah menjadi zat asam. Zat asam itu dapat menyerap sebagian gelombang cahaya. Karena gelombang cahaya diserap, maka warna cahaya yang dipantulkan oleh kertas menjadi lebih kuning dari sebelumnya. Semakin banyak lignin pada kertas yang teroksidasi, maka warna kertas semakin menguning.

Penemuan yang Dapat Mengurangi Kadar Lignin

Namun saat ini zaman sudah semakin canggih, para ahli pun membuat penemuan yang bisa dipakai untuk mengurangi kadar lignin dalam sebuah kertas putih. Ini akan menghasilkan kertas yang tidak cepat menguning dan tahan terhadap oksidasi.(**)

 

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong