Logo Saibumi

Pesenam Lampung Wahyu Yolanda Putri Tak Menyangka Bisa Masuk Timnas SEA Games 2017

Pesenam Lampung Wahyu Yolanda Putri Tak Menyangka Bisa Masuk Timnas SEA Games 2017

Wahyu Yolanda Putri | Ist

Saibumi.com, Bandar Lampung - Tak menyangka dan sangat senang, itu ucapan pertama kali Wahyu Yolanda Putri (16) ketika diumumkan lolos masuk Tim Nasional Senam SEA Games 2017 Kuala Lumpur.

Wanita Kelahiran 3 Mei 2001 ini sejak kelas III SD sudah menggeluti olahraga senam. Berawal terpilih dari penataran (seleksi) dirinya pun masuk dalam olahraga dengan gerak meliuk-liuk ini.

Alumni SDN 1 Gulak Galik, Telukbetung Utara, ini merasakan keluar negeri pertama ketika dikirim dalam kejuaraan senam di Malaysia. Putri, biasa dia disapa, berhasil menduduki peringkat enam.

Anak ketiga dari tiga bersaudara ini hingga akhirnya masuk dalam Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP). Kesehariannya diisi oleh latihan, latihan, dan latihan.

"Gak juga sih (suka senam,ed). Ya suka juga karena pertama kan belum tahu senam. Pas udah tahu suka," ungkap dia kepada Saibumi.com ketika ditemui disela latihannya di Idola Fitness Pahoman.

Putri mengetahui dirinya masuk Tim Nasional Senam saat bulan Ramadan. "Pas puasa. Selesai pulang dari ISG, gak lama dikasih tahu. Ya gak nyangka lah. Senang," ujarnya.

Kedua orang tuanya, Chusnul Fuad dan Yuyun Sri Wahyuni, pun selalu mendukung Putri dalam setiap pertandingan. "Dukung iya (orang tua)," tuturnya.

Sederet prestasi pun berhasil diraih siswi kelas XI IPS SMAN 5 Bandar Lampung, diantaranya emas PON Remaja I Surabaya 2014 senam ritmik, dua perak dan satu perunggu Popnas XIII Jawa Barat 2015 senam ritmik, empat emas Kejurnas 2016 di Surabaya.

Dalam latihannya, Putri pun menceritakan bahwa dari empat alat (pita, gada, bola, dan hop) yang biasa dimainkan terdapat satu yang sulit. "Pita paling susah. Panjang, harus butuh tenaga yang lebih. Susah karena panjang. Biasanya langsung ngelingker. Lebih butuh tenaga yang full dibanding alat yang lain. Kalau alat yang lain kan gak panjang," ucapnya.

Remaja yang bercita-cita menjadi polwan ini menargetkan dapat masuk final dalam SEA Games 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia. "Berharap sih (juara, ed), kalau buat juara berat. Berharap masuk final. Diatas anak DKI. Kalau bisa dapat juara," yakinnya.

Adapun timnas SEA Games 2017 terdiri dari 6 artistik putra dan 4 artistik putri serta 3 ritmik. Tiga pesenam ritmik terdiri dari Wahyu Yolanda Putri (Lampung), Sortauli Dara Fiorentina dan Nabila Evandestiera (DKI Jakarta). (*)

Laporan wartawan Saibumi.com Aji Saktiyanto

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong