Logo Saibumi

PGN dan PTPN VII Ajak Siswa di Lampung dan Banten Mengenal Nusantara

PGN dan PTPN VII Ajak Siswa di Lampung dan Banten Mengenal Nusantara

Pemasangan jaringan PGN di wilayah Sukajawa, Bandar Lampung | Samsudin

Saibumi.com, Bandar Lampung - PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) berkerja sama dengan PT Perkebunan Nusantara VII (PTPN VII) melaksanakan kegiatan Siswa Mengenal Nusantara (SMN) di Provinsi Lampung. Tujuannya untuk menanamkan rasa bangga generasi muda terhadap keberagaman kekayaan nusantara.

Kegiatan ini merupakan mewujudkan program BUMN Hadir untuk Negeri dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun ke-72 Republik Indonesia. Sebanyak 23 peserta SMN asal Lampung yang terdiri dari 18 siswa SMA/SMK, 2 siswa SLB (Tuna Rungu), 2 guru pendamping, dan 1 perwakilan Dinas Pendidikan Provinsi Lampung akan diajak untuk lebih mengenal daerah lain, yakni Provinsi Banten.  

SMN 2017 merupakan kegiatan pertukaran pelajar antarprovinsi di Indonesia. Kali ini, PGN memfasilitasi pertukaran pelajar asal Lampung ke Banten dan sebaliknya pelajar asal Banten ke Lampung, dengan periode pertukaran mulai dari 19-28 Juli 2017.  

Direktur Utama PGN Jobi Triananda Hasjim mengatakan, pada tahun ini PGN ditunjuk sebagai Koordinator Program BUMN Hadir untuk Negeri di Provinsi Lampung. Salah satu kegiatannya yaitu Program SMN yang bertujuan mengedukasi para siswa sebagai penerus bangsa untuk lebih mencintai bangsanya dengan cara  mengenal kembali lingkungan dan budaya Indonesia lewat program pendidikan.  

“Kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa bangga generasi muda Indonesia, bahwa bangsanya memiliki kebegaraman kekayaan nusantara, toleransi antara beragama dan berbudaya . Kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahun dan diselenggarakan di berbagai daerah. Pada tahun ini, kami fokus melakukannya di Lampung,” kata Jobi pada acara penerimaan siswa SMN asal Banten dan pelepasan SMN asal Lampung di Kantor Gubernur Lampung, Kamis, 20 Juli 2017.  

Jobi menjelaskan, sepanjang kegiatan ini, para siswa SMN asal Banten juga akan diajak untuk mengenal lebih dalam mengenai Lampung, termasuk diantaranya mengunjungi Offtake Station PGN di Labuhan Maringgai.

Offtake Station PGN di Labuhan Maringgai adalah lokasi pengoperasian kapal Floating Storage Regatification Unit (FSRU). Keberadaan FSRU Lampung sangat strategis karena mampu meningkatkan serapan gas bumi untuk domestik dan mengurangi ekspor gas bumi, sehingga meningkatkan pemanfaatan sumber daya alam bagi perekonomian nasional.  

Dari FSRU Lampung, gas mengalir melalui pipa bawah laut menuju ke stasiun penerima di Labuan Maringgai yang terhubung dengan pipa South Sumatera West Java (SSWJ) sehingga gas tersebut dapat didistribusikan ke pelanggan PGN di Jawa bagian barat dan Sumatera bagian selatan. Tujuan utama pembangunan terminal penerima LNG di Lampung ini adalah untuk memenuhi kebutuhan gas di wilayah Lampung, Banten, Jawa Barat, dan sekitarnya. FSRU Lampung diresmikan pada April 2014.  

Selanjutnya, para siswa juga akan melakukan kunjungan ke Universitas Lampung, Taman Nasional Waykambas, perkebunan Great Giant Pineapple. Lalu, untuk lebih mengenal tentang Lampung, mereka juga berkesempatan menginap langsung di rumah penduduk Waykambas.  

Sebagai bentuk pengenalan lainnya tentang Lampung, siswa juga akan mengunjungi industri kecil keripik pisang serta ke workshop sulam tapis yang ada di Lampung. Selain itu akan ada kunjungan siswa asal Banten ke pertambangan batu bara Bukit Asam dan Peternakan Sapi Sidomulyo. Terakhir, untuk penutupan program SMN, para siswa akan melakukan kunjungan ke Pantai Sari Ringgung di Kabupaten Pesawaran, Bandar Lampung, yang memiliki keindahan tersendiri dengan keunikan seperti masjid terapung hingga pasir timbul.  

Jobi menambahkan, masih dalam rangkaian memperingati HUT RI ke-72, PGN bersama PTPN VII saat ini juga melaksanakan kegiatan Bedah Rumah Veteran sebanyak 45 unit di 4 kabupaten di Provinsi Lampung.  

Lampung sendiri menjadi salah satu wilayah operasi PGN dalam menyalurkan energi baik gas bumi. Saat ini PGN mennyalurkan gas bumi ke 3 pembangkit listrik, 1 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG), 3 hotel dan 16 industri. Saat ini PGN juga mendapatkan penugasan dari pemerintah untuk membangun jaringan gas rumah tangga di Kota Bandar Lampung sebanyak 10.321 sambungan.  

“Kami berharap dengan kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan para siswa mengenai suatu daerah yang dikunjungi.  Kami juga sangat senang dapat lebih mengenalkan gas bumi sebagai energi baik kepada generasi penerus bangsa,” tutup Jobi melalui rilis ke Saibumi.com. (**)

 

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong