Logo Saibumi

Pemkab Lampung Selatan akan Alokasikan Anggaran STBM

Pemkab Lampung Selatan akan Alokasikan Anggaran STBM

Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan | Aji Saktiyanto saibumi.com

Saibumi.com, Lampung Selatan- Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan akan mengalokasikan anggaran untuk program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) pada Dana Alokasi Khusus (DAK), APBD hingga Dana Desa.

Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan mengatakan program ini akan coba menggunakan DAK, APBD dan juga dana desa (DD). "Nanti cari dari DAK, cari di APBD, dan dana desa bisa dipakai buat program STBM," ungkap dia kepada awak media usai menghadiri Deklarasi ODF di Lapangan Candipuro, Lampung Selatan, Selasa, 18 Juli 2017.

Masih kata dia, anak-anak yang dilatih STBM juga akan memberikan penyuluhan kepada yang lainnya. "Saya juga minta dimana ada kegiatan saya terdapat orang STBM yang ikut untuk memberikan pemahaman untuk tidak buang hajat sembarangan," ujarnya.

Pembuatan Water Closet (WC), lanjut dia, tidak hanya untuk membuatnya saja tapi nanti akan ada tempat pembuangan limbahnya. "Mobil yang diadakan untuk menyedot dan setiap disedot juga tidak gratis. Ini membuka lapangan pekerjaan," tuturnya.

Zainudin menerangkan kalau tidak ada SNV masalah buang hajat yang baik tidak diperhatikan. "Kita harusnya berterima kasih karena kalau tidak ada SNV, tidak ada yang kasih tahu buang hajat yang baik," imbuhnya.

Dia menambahkan nanti juga program apa yang bisa dilakukan kerjasama dengan SNV. "Setelah ini juga tidak mungkin ditinggal saja tapi ada yang dikembangkan lagi. Nanti seperti apa program yang SNV tawarkan," tutupnya. (*)

Laporan wartawan Saibumi.com Aji Saktiyanto

 

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong