Logo Saibumi

Tanah Lot, Pesona Lain Bali yang Wajib Dikunjungi

Tanah Lot, Pesona Lain Bali yang Wajib Dikunjungi

Pura Tanah Lot merupakan ikon wisata terkenal Pulau Bali , sehingga tak heran setiap hari ramai dikunjungi wisatawan | Donny Irawan / Saibumi.com

Saibumi.com, Tabanan -  Tanah Lot yang terkenal dengan Pura di atas batu karang menjorok ke laut, merupakan ikon pariwisata pulau Bali. Objek wisata ini begitu terkenal, sehingga selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun manca negara.

Mengunjungi Tanah Lot yang berada di Kabupatren Tabanan, umumnya dilakukan sore menjelang matahari terbenam. Satu alasannya, sunset di Tanah Lot memiliki keindahan yang sulit ditandingi kawasan wisata lain.

Saat Saibumi.com mengunjungi tempat wisata ini, sangat ramai dikunjungi wisatawan terutama pada sore hari. Saat menunggu terjadinya sunset, banyak wisatawan melakukan foto selfie, atau duduk santai sambil menikmati jagung rebus.

Melansir Wikipidea, Pura Tanah Lot dibangun pada dua tempat yang berbeda. Satu pura terletak di atas bongkahan batu besar, dan satunya lagi terletak di atas tebing yang menjorok ke laut mirip dengan Pura Uluwatu. Tebing inilah yang menghubungkan pura dengan daratan. Serta bentuk tebing melengkung seperti jembatan.

Pura Tanah Lot merupakan bagian dari Pura Kahyangan Jagat di Bali, ditujukan sebagai tempat memuja dewa penjaga laut. Pada saat air laut pasang, pura akan kelihatan dikelilingi air laut. Di bawahnya terdapat goa kecil yang didalamnya ada beberapa ular laut.

Disepanjang jalan menuju tempat wisata Tanah Lot, banyak terdapat penginapan. Mulai dari penginapan sederhana, hingga villa dan hotel berbintang.

Dari tempat parkir menuju areal pura, terdapat banyak toko yang menjual berbagai barang kerajinan khas Bali. Misalnya patung, lukisan, kain pantai, pernak – pernik, dan aksesoris seperti di pasar seni Sukawati Bali. Harganya pun relatif murah untuk wisatawan domestik maupun mancanegara. Selain itu terdapat pedagang makanan dan minuman, serta penyewaan kamar kecil.

Ada juga beberapa hotel yang dekat dengan pantai di sekitar tempat wisata Tanah Lot, yang mengelar berbagai acara di malam hari. Misalnya pertunjukan tari Kecak, sunset dinner, dan pesta pernikahan. (*)

Laporan wartawan Saibumi.com Donny Irawan

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong