Logo Saibumi

Cek Fisik Kendaraan Mudik, Dishub Lampung Barat : Enam Kendaraan Laik, Lima Kendaraan Lainnya Tidak Laik

Cek Fisik Kendaraan Mudik, Dishub Lampung Barat : Enam Kendaraan Laik, Lima Kendaraan Lainnya Tidak Laik

Petugas Dishub Lampung Barat saat mengecek kondisi bus. | Istimewa

Saibumi.com, Lampung Barat - Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan bagi kendaraan angkutan Lebaran di Kabupaten Lampung Barat, Dinas Perhubungan (Dishub) melakukan uji laik kendaraan, baik berupa Bus dan travel.

Namun miris hasil pemeriksaan ternyata ada enam kendaraan bus yang laik untuk operasi dan limanya lagi dinyatakan tidak laik. Untuk mengantisipasi hal itu maka tim pemeriksa kendaraan tidak memberikan izin jalan dengan menempel di depan kendaraan.

Kepala Dinas Perhubungan Lampung Barat Gunawan Rasyid mengatakan, untuk kendaraan angkutan yang layak operasi diberi stiker khusus yakni bertuliskan angkutan Lebaran, sementara itu untuk kendaraan yang tidak layak operasi tidak diperkenankan untuk mengangkut penumpang.

”Ada lima kendaraan angkutan lebaran yang tidak layak untuk beroperasi, untuk lima kendaraan tersebut tidak kami perkenankan untuk mengangkut penumpang Lebaran. Sementara untuk enam kendaraan yang kami nyatakan layak berdasarkan pemeriksaan secara detail kami tempelkan stiker,” kata dia.

Lanjut dia, kegiatan tersebut diadakan berdasarkan surat keputusan Menteri Perhubungan No : KP. 522 tahun 2017 tentang tim koordinasi penyelenggaraan angkutan Lebaran terpadu tahun 2017 M / 1438 H, bahwa masa penyelenggaraan angkutan Lebaran di mulai H-10 sampai H+15.

"Tujuannya antara lain untuk memberikan jaminan secara teknis, terhadap pengguna kendaraan bermotor di jalan. Untuk mencegah atau memperkecil kemungkinan terjadinya kecelakaan yang disebabkan oleh kekurangan persyaratan teknis dan laik jalan,” ungkap dia.

Beberapa cek fisik yang akan diuji ulang pada kendaraan angkutan Lebaran, lanjut dia, diantaranya rangka landasan, motor penggerak, sistem pembuangan, penerus daya, sistem roda, sistem suspensi, alat pengendali, sistem rem, lampu-lampu, badan/bodi kendaraan, komponen pendukung, surat-surat kendaraan, dan kelengkapan tanggap darurat angkutan umum khususnya bis seperti pemecah kaca, kondisi pintu darurat, racun api, segitiga pengaman, kotak P3K dan lainnya.

”Dalam kendaraan juga kita cek, seperti adanya tong sampah, agar penumpang tidak membuang sampah sembarangan maupun membuang sampah dijalan, dan kebersihan pun akan terjaga,” kata Gunawan.

Tamrin juga mengungkapkan, kendaraan yang tidak lulus ujian operasional atau tidak laik jalan, tidak diperkenankan untuk beroperasi dan kendaraan akan dikandangkan. Kendaraan bisa beroperasi kembali, apabila kendaraan telah diperbaiki dan telah lulus uji ulang layak kendaraan. (*)

Laporan wartawan Saibumi.com Edi Saputra

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong