Logo Saibumi

ITERA Sediakan Tujuh Teleskop Amati Hilal Bulan Ramadhan

ITERA Sediakan Tujuh Teleskop Amati Hilal Bulan Ramadhan

Salah satu petugas sedang mengamati hilal di ITERA Jumat, 26 Mei 2017.| Aji Saktiyanto/ Saibumi.com.

Saibumi.com, Lampung Selatan - Institut Teknologi Sumatera (ITERA) menggelar pengamatan hilal dalam menentukan 1 Ramadhan di belakang rektorat kampus yang beralamat di Jalan Terusan Ryacudu, Way Hui, Lampung Selatan, Jumat 26 Mei 2017.
 
Ketujuh teleskop disiapkan dari jenis otomatis dan manual. Satu teleskop digunakan untuk streaming dalam mengamati hilal diruangan. 
 
Sebelum melakukan pengamatan ITERA memberikan penjelasan mengenai penetapan awal bulan. Penjelasan diberikan oleh Dosen Astronomi ITERA dengan mengamati gambar dalam slide.
 
Dosen Astronomi ITERA Annisa mengatakan hilal merupakan bulan sabit muda yang menandai awal bulan. "Secara kasat mata tidak bisa dilihat karena sangat tipis. Untuk melihatnya membutuhkan bantuan teleskop," ungkapnya.
 
Saat ini, lanjut dia, jarak bulan dengan matahari lebih dari dua derajat yaitu 9 derajat dan dipastikan dapat dilihat hilalnya. "Untuk memastikannya memang tinggal dilihat saja," tuturnya. (*)
 
Laporan wartawan Saibumi.com Aji Saktiyanto

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong