Logo Saibumi

Buffaloberry, Buah Super Pencegah Kanker

Buffaloberry, Buah Super Pencegah Kanker

Buffaloberry | mindfood.com

Saibumi.com -  Tentu Anda sudah tidak asing dengan nama buah seperti Strawberry, Blueberry, atau Raspberry. Belum lama ini ditemukan jenis buah berry baru yang bernama Buffaloberry. Mulanya buah ini sejenis buah liar yang ditemukan di daerah sekitar South danNorth Dakota, Amerika Serikat. Meski baru, buah ini telah ditahbiskan akan menjadi buah super di masa depan. Hmm kok bisa ya?

Setidaknya begitulah yang terungkap dalam Journal of Food Science. Alasannya, berdasarkan penelitian, ternyata buah bulat kecil dan berwarna merah ini kaya akan lycopene dan antioksidan yang dapat mencegah beberapa jenis kanker. Ditemukan pula senyawa asam yang disebut methyl-lycopenoate yang dapat digunakan untuk pewarna makanan alami. Jenis pewarna ini adalah pigmen yang disebut karotenoid, yang memberikan warna merah dan oranye pada buah dan sayur seperti tomat dan wortel.

Istimewanya, buah ini bisa tumbuh di lahan yang tidak subur sekalipun sehingga dapat menjadi solusi bagi wilayah yang memiliki lahan kurang bagus.  Buffaloberry banyak ditemukan di wilayah suku Indian dan sudah lama dikonsumsi sebagai makanan. Namun dengan penemuan ini, maka terbuka kemungkinan untuk mengembangbiakkan buffaloberry sehingga bisa dikonsumsi masyarakat luas. Namun hati-hati. Ternyata buah ini juga disinyalir mengandung gula yang cukup tinggi. Karenanya mesti dikonsumsi dalam porsi yang tepat.  (*)

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong