Logo Saibumi

Kapolda Keluarkan Maklumat untuk Warga Lampung soal Demo di Jakarta

Kapolda Keluarkan Maklumat untuk Warga Lampung soal Demo di Jakarta

Kapolda Lampung Brigjend Sudjarno saat membacakan maklumat perdananya sebagai Kapolda untuk antisipasi demo 25 November 2016 dan 2 Desember 2016. | Saryah M Sitopu/Saibumi.com

Saibumi.com, Bandar Lampung –  Kapolda Lampung mengeluarkan maklumat terkait rencana pengamanan demo yang akan digelar 25 November 2016 dan 2 Desember 2016.

Hal itu tertuang dalam Maklumat Nomor: MAK/01/XI/2016 tanggal 23 November 2016, tentang Penyampaian Pendapat di Muka Umum Oleh Masyarakat Lampung. “Guna menjaga dan melindungi serta mencegah masyarakat Lampung agar tidak terlibat dalam penyampaian pendapat di muka umum yang mengganggu keamanan dan ketertiban umum,” kata Kapolda Brigjend Sudjarno, di loby utama Mapolda, Kamis, 24 November 2016 petang.

BACA JUGA: Operasi Zebra Krakatau 2016, Tim Gabungan Lakukan Sidang di Tempat

Menurut Kapolda. maklumat itu terdiri dari lima poin. Yaitu, mengajak seluruh tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh politik, dan tokoh pemuda, serta seluruh komponen masyarakat lainnya untuk turut serta berperan aktif membantu dan menjaga kondisi kamtibmas yang aman, damai dan kondusif di wilayah Lampung.

Kapolda yang didampingi Danrem 043/Garuda Hitam Kol (Kav) Supriyatna, dan perwakilan unsur TNI juga meminta masyarakat Lampung agar tidak terprovokasi dan terpengaruh terhadap berita atau  informasi yang tidak benar dan menyesatkan serta  tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Ketiga, mengimbau kepada masyarakat Lampung untuk tidak berangkat dan terlibat dalam penyampaian pendapat di muka umum pada tanggal 25 November 2016 maupun tanggal 2 Desember 2016 di Jakarta.

Keempat, aspirasi masyarakat dapat disampaikan dengan cara menyampaikan pendapat di muka umum di wilayah Lampung. Dan, dilarang mengganggu ketertiban umum, membawa senjata tajam, senjata api, dan benda-benda berbahaya lainnya.

“Kelima, apabila dalam penyampaian pendapat di muka umum terjadi pelanggaran hukum maka akan dilakukan penindakan sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku," kata Sudjarno.

Dia juga menekankan maklumat itu sifatnya meminta, mengimbau, mengajak, dan melarang. Polda Lampung juga sudah melakukan koordinasi ke berbagai pihak agar masyarakat Lampung tidak ada yang ikut demo pada dua tanggal tersebut. (*)

Laporan wartawan Saibumi.com Saryah M Sitopu

 

BACA JUGA: Warga Mutun dan Marinir Dominasi Kejuaraan HUT Polairud Polda Lampung

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong