Logo Saibumi

Perempuan Way Kanan Diminta Lakukan Pemeriksaan Dini Kanker Serviks

Perempuan Way Kanan Diminta Lakukan Pemeriksaan Dini Kanker Serviks

Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya saat memberikan sambutan di Puskesmas Blambanganumpu. | Sandi Indra/Saibumi.com

Saibumi.com, Way Kanan – Kaum perempuan diminta sedini mungkin memeriksakan diri agar terhindar dari kanker serviks. Untuk itu, kaum perempuan harus melakukan pemeriksaan berkala IVA dan Papsmear di puskesmas atau rumah sakit.

Hal itu dikatakan Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya, pada peringatan Hari Guru Nasional, Kamis, 24 November 2016. Kegiatan itu bekerja sama dengan Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan Way Kanan. “Tujuan kegiatan ini untuk menyadarkan para perempuan di Way kanan agar melakukan deteksi dini penyakit kanker serviks,” kata Adipati Surya.

BACA JUGA: Demi Demokrasi, Pemkab Way Kanan Siap Dengar Aspirasi Masyarakat dalam Pembangunan

Menurut Raden Adipati, kegiatan seperti ini, akan dijadikan agenda rutin. Dan, pemeriksaan pap smear dilakukan gratis. Sehingga, kaum perempuan bisa sadar akan pentingnya kesehatan reproduksi. “Dan, untuk meningkatkan derajat kesehatan dan mendeteksi risiko dini penyakit tersebut,” kata dia.

Di tempat terpisah. Kepala Dinas Kesehatan Way Kanan Farida Aryani mengatakan kegiatan pemeriksaan IVA digelar serentak di Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) yang ada di kabupaten itu. Setiap PKM minimal melakukan pemeriksaan 20 wanita. Selain pemeriksaan IVA untuk mendeteksi dini penyakit kanker serviks juga dilakukan pemeriksaan klinis kesehatan payudara.

“Untuk itu, saya meminta kepada masyarakat peserta BPJS Kesehatan untuk tidak ragu lagi untuk menggunakan kartunya dalam memeriksakan kesehatan ke fasilitas kesehatan terdekat, termasuk deteksi kanker serviks,” kata dia.

Laporan wartawan Saibumi.com Sandi Indra

 

BACA JUGA: SMAN 2 Kasui Way Kanan Targetkan Masuk 10 Besar Kabupaten di UN 2017

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong