Logo Saibumi

Festival Pahawang Tolak Ukur Gaet Wisatawan ke Pesawaran

Festival Pahawang Tolak Ukur Gaet Wisatawan ke Pesawaran

Logo Festival Pahawang | Ist

Saibumi.com, Gedongtataan - Festival Pahawang yang akan dilaksanakan Jumat, 25 November 2016,  dijadikan tolok ukur dalam menggaet pariwisata ke daerah pesisir Kabupaten Pesawaran.

Karena, kegiatan yang direncanakan selama 3 hari itu, sampai Minggu, 27 November 2016, menggundang kalangan bloger dan wartawan guna mengupas sisi pariwisata bumi andan jejama itu.

BACA JUGA: Ditipu akan Mendapatkan Beasiswa, Wali Murid SMPN 1 Gedongtataan Pesawaran Rugi Jutaan Rupiah

"Kita sengaja ajak bloger dan wartawan untuk berpartisipasi dalam lomba karya tulis dan foto. Tentunya hasil dari karya mereka membantu kita dalam mempromosikan wisata Pesawaran," kata Kepala Dinas Pariwisata Jaka Sungkawa saat dihubungi, Kamis, 24 November 2016.

Dikatakan Jaka, untuk efektif atau tidaknya peran Festival Pahawang dalam meningkatkan wisatawan, pihaknya belum bisa memastikan. Karena, hal itu baru pertama kali digelar. "Kita usaha dahulu, nanti akan terlihat kelemahan kita dan itu akan kita benahi. Guna mengangkat perekonomian dan kearifan lokal di daerah wisata," kata dia.

Namun begitu, pihaknya telah merencanakan Festival Pahawang itu jauh hari. Dengan bekerja sama dengan berbagai pihak dan menggundang pemerhati wisata dan kalangan umum. Pihaknya yakin acara yang diisi dengan trail adventure, layang layang, terjun payung itu akan memberi dampak positif.

"Sebelumnya, pada 2013 juga kita pernah gelar kirab budaya. Salah satunya kita tempatkan di Pantai Mutun, namun baru ini kita gelar kembali," kata mantan Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga Pesawaran itu.

Disinggung soal besaran biaya yang dikeluarkan, Jaka hanya mengatakan dana itu bersumber dari APBD. Namun begitu, pihaknya akan mengupayakan kegiatan serupa setiap tahunnya.

"Bisa juga kita gabung pada ulang tahun kabupaten, dan untuk tahun depan. Sudah kita anggarkan sekitar Rp200 juta. Dan jika pun kurang kita akan ajukan tambahan di perubahan nanti." (*)

Laporan wartawan Saibumi.com Pesawaran Bambang T

BACA JUGA: Banjir Dominasi Bencana Alam di Kabupaten Pesawaran

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong