Logo Saibumi

Ditipu akan Mendapatkan Beasiswa, Wali Murid SMPN 1 Gedongtataan Pesawaran Rugi Jutaan Rupiah

Ditipu akan Mendapatkan Beasiswa, Wali Murid SMPN 1 Gedongtataan Pesawaran Rugi Jutaan Rupiah

Wali murid dan Kepala SMPN 1 Gedongtataan saat melaporkan penipuan ke Polsek setempat. | Bambang T/Saibumi.com

Saibumi.com, Gedongtataan - Penipuan berkedok memberi bantuan beasiswa sebesar Rp5,7 juta terjadi di SMPN 1 Gedongtataan. Ulah oknum yang mengaku guru dan kepala sekolah setempat itu menipu wali murid, sehingga mengalami kerugian materi jutaan rupiah.

Wali murid SMPN 1, Endarti, mengalami kerugian sekitar Rp 800 ribu dan Turini dirugikan Rp1,9 juta akibat mengikuti arahan oknum penipu itu. Oknum yang belum diketahui identitasnya meminta mereka menekan beberapa tombol di mesin anjungan tunai mandiri (ATM).

BACA JUGA: Banjir Dominasi Bencana Alam di Kabupaten Pesawaran

"Saya enggak menyangka bila tombol-tombol yang saya tekan sesuai intruksi itu menggiring untuk mentransfer uang ke rekening orang itu," kata Endarti, ditemani Kepala SMPN 1 Gedongtataan Basataruli Simanjuntak, saat melaporkan kejadian itu kepada polisi, Rabu, 23 November 2016.

Sementara, Kepala SMPN 1 Gedongtataan Basataruli Simanjuntak mengatakan oknum itu mengatasnamakan dirinya dan beberapa guru di sekolah. Menurut Uli, panggilan akrab Basataruli, pelaku menghubungi wali murid, lalu mengatakan anaknya akan menerima beasiswa sebesar Rp5,7 juta karena berprestasi.

"Pelaku memberikan nomor kepala sekolah palsu kepada wali murid dan menyuruh untuk memberikan nomor rekening. Kemudian, akan ditranferkan ke rekening wali murid itu," kata dia.

Menanggapi hal itu, Kanit Reskrim Polsek Gedongtataan Iptu Siregar berjanji menindaklanjutinya. "Penipuan seperti ini bisa mungkin terjadi kembali, Terlebih, pelaku sudah berhasil mendapatkan sejumlah uang dari wali murid, kami akan pantau hal ini," kata dia.

Menurut Siregar, pihaknya sudah mengantongi data data dan bukti transfer ke rekening yang diduga pelaku. Namun begitu, kejadian itu merupakan proses pembelajaran bagi wali murid agar tidak mudah percaya pada hadiah atau imbalan yang datang tiba-tiba dan oleh orang yang tidak dikenal. "Kami akan koordinasi dengan pihak bank dan polres untuk mengungkap kasus ini." (*)

Laporan wartawan Saibumi.com Pesawaran Bambang T


BACA JUGA: Pembangunan Jalan Raya Kedondong Pesawaran Sudah 70 Persen, Akhir Desember 2016 Selesai

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong