Logo Saibumi

Sepuluh Jam Longsor di Pekon Bakhu Lampung Barat Jalan Baru Bisa Dibuka

Sepuluh Jam Longsor di Pekon Bakhu Lampung Barat Jalan Baru Bisa Dibuka

Alat berat dari BPBD Lampung Barat, saat membersihkan sisa material longsor di jalan lintas nasional Pekon Bakhu. | Edi Saputra/Saibumi.com

Saibumi.com, Lampung Barat - Longsor yang terjadi Pekon Bakhu, Kecamatan Batuketulis, Kabupaten Lampung Barat sudah normal kembali setelah ditutup material longsor pada pukul 23.00 WIB, Minggu, 20 November 2016. 

"Saat ini, arus lalu lintas sudah normal kembali, sejak terjadinya longsor pukul 23.00 WIB. Tim kami langsung turun dengan membawa alat berat, baru tembus pukul 8.00 WIB. Dan, arus lalu lintas bisa melintas meskipun masih menggunakan satu jalur dan bergantian," kata Kabid Kesiapsiagaan dan Penanggulangan Bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Andy Cahyadi, Senin, 21 November 2016. 

BACA JUGA: Kerugian Banjir di Bandar Negeri Suoh, Lampung Barat Capai Rp1 Milliar

Lanjut Andy, tinggi longsor mencapai tiga meter dengan panjang 20 meter ini menyulitkan pihaknya saat membersihkan longsor. Karena, selain tumpukan tanah juga banyak kayu-kayuan. "Longsornya sangat besar makanya kami butuh waktu sepuluh jam untuk menbus longsor," kata dia. 

Selain di Pekon Bakhu ini, juga ada longsor di Pekon Kubuperahu, Kecamatan Balikbukit, terjadi sekitar pukul 9.00 WIB tadi. "Kami juga mendapat informasi jika ada juga longsor di Pekon Kubuperahu, dan kami langsung turun ke lokasi.

Namun, longsor itu tidak menutup badan jalan dan arus lalu lintas masih berjalan normal. Hanya saja longsor itu hampir mengenai rumah warga sekitar," kata Andy. 

Mudah-mudahan musibah longsor ini bisa berhenti dan tidak terjadi lagi. “Kami bersukur dari sejumlah rangkaian musibah, baik longsor maupun banjir tidak ada korban jiwa dan masyarakat Lampung Barat bisa terhindar dari bencana alam yang terjadi," kata dia. (*) 

Laporan wartawan Saibumi.com Edi Saputra 


BACA JUGA: Jalur Batubrak-Suoh Lampung Barat Putus Total akibat Longsor

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong