Logo Saibumi

Pesawaran akan Pusatkan UMKM di Tiga Kecamatan

Pesawaran akan Pusatkan UMKM di Tiga Kecamatan

Kasi Penyuluhan dan Pembinaan Koperasi Diskoperindag Pesawaran Aznan saat diwawancarai di ruang kerjanya | Reftoni Fardani / Saibumi.com.

Saibumi.com, Gedongtataan – Pemkab Pesawaran akan meningkatkan produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dengan membagi wilayah penjualan menjadi tiga titik sebagai pusatnya, di antaranya Kecamatan Negerikaton, Telukpandan, dan Gedongtataan.

"Tahun depan, tiga titik tersebut nantinya menjadi sentral penjualan beraneka barang dan makanan hasil dari UMKM yang ada," ucap Kasi Pembinaan dan Penyuluhan Koperasi, Diskoperindag Pesawaran Aznan, saat diwawancarai di ruang kerjanya, Jumat, 18 November 2016.

BACA JUGA: 2017, PU Pesawaran Fokus Peningkatan Kualitas Ruas Jalan

Menurut dia, menjalankan UMKM, juga perlu ada pengelompokan, para penjalan UMKM dimasukkan dalam kelompok, kemudian, kelompok tersebut ikut dalam satu koperasi, sehingga, produk yang dihasilkan dijual ditempat yang berbeda, dengan harga yang sama.

"Misalkan, seluruh pembuat kelanting, akan dipasarkan daerah berbeda, namun harganya semua sama, dan itu dijual di titik yang telah ditentukan tadi," ucap dia.

Selain itu, lanjut dia, Diskoperindag yang tahun depan dipecah, dimana Dinas Koperasi dan UMKM sudah berdiri sendiri,  bisa lebih fokus menjalankan program dari kementerian, untuk memajukan UMKM yang ada di Pesawaran.

"Kedepan, Kementerian Koperasi dan UMKM juga siap membantu UMKM yang ada di Pesawaran, dengan mengeluarkan sertifikat UMKM, untuk dijadikan agunan pinjaman Kredit Usaha Rakyat, dan itu sangat membantu permodalan pelaku usaha," ujarnya. 

Diskoperindag Pesawaran, di tahun 2017 mendatang juga sudah mengusulkan bebrapa kegiatan yang sifatnya pembinaan, dan itupun mendapat reaksi positif dari DPRD Pesawaran.

"Kita usulkan beberapa kegiatan, untuk melakukan pembinaan bagi pelaku Koperasi dan UMKM, dan DPRD setuju," terang Aznan.

UMKM di Pesawaran bisa dijadikan penunjang kesejahteraan perekonomian masyarakat, jika dikelola dengan baik. "Koperasi dan UMKM di Pesawaran, memang sudah cukup banyak, dan ini perlu dilestarikan, dibina, serta dibantu permodalan, karena Koperasi dan UMKM bisa jadi tonggak perekonomian masyarakat," jelas Aznan.

Dikatakan dia, berdasarkan data yang ada sampai saat ini, di Pesawaran ada 209 Koperasi, dimana yang aktif yakni 145 Koperasi dan 1200 UMKM. Dari jumlah tersebut sudah cukup banyak, dan dapat mensejahterakan masyarakat, terutama yang bergelut dibidang tersebut. (*)

Laporan wartawan Saibumi.com | Reftoni Fardani



BACA JUGA: ISPI Janji Kembangkan Mutu Pendidikan Pesawaran Berskala Nasional

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong