Logo Saibumi

Pemberantasan Penyakit DBD di Tanggamus Butuh Peran Serta Masyarakat

Pemberantasan Penyakit DBD di Tanggamus Butuh Peran Serta Masyarakat

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tanggamus Sukisno, dan sejumlah pemateri dari Dinas Kesehatan setempat saat memaparkan soal penyakit DBD. | Budi Widayat Marsudi/Saibumi.com

Saibumi.com Tanggamus – Masalah kesehatan di Tanggamus tidak bisa diselesaikan orang-orang kesehatan saja, tapi harus ada partisipasi dan kerja sama dengan masyarakat.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Tanggamus Sukisno pada Pertemuan Kelompok Kerja Operasional (Pokjanal) Pemberantasan Penyakit demam berdarah dengue (DBD), di gedung Serumpun Padi, Kecamatan Gisting, Tanggamus, Jumat, 18 Desember 2016.

BACA JUGA: Hindari Penyakit Berbasis Lingkungan, Warga di Tanggamus Diminta Biasakan Hidup Bersih

Kegiatan itu kerja sama Dinkes Tanggamus dengan KUPT  puskesmas kecamatan dan Dinas Pendidikan. “Fogging focus bukan solusi  pencegahan DBD. Melainkan pemberantasan sarang nyamuk serta prilaku hidup bersih dan sehat masyarakat itu sendiri yang harus di ubah,” kata Sukisno, dalam sambutannya.

Menurut dia, penyakit DBD, saat ini, sangat tinggi. Terutama di Pekon Gisting. Bahkan, DBD juga menyebar di 23 kecamatan lainnya di Tanggamus. Hal itu akibat musim pancaroba, curah hujan tinggi, dan akibat banjir.

“Pokjanal sebenarnya sebagai wahana penggerakan pencegahan penyakit DBD. Diharapkan kepada KUPT puskesmas di kecamatan tidak laksanakan sendiri, harus berkerja sama dengan masyarakat,” kata dia.

Sukisno mengucapkan banyak terima kasih kepada semua satuan kerja lintas sektoral yang sudah banyak membantu dalam upaya pemberantasan dan pencegahan penyakit DBD di Tanggamus. (*)

Laporan wartawan Saibumi.com Budi Widayat Marsudi

 

 

BACA JUGA: PLN Buat Jalur Baru di Kotaagung Timur

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong