Logo Saibumi

Memanfaatkan Lahan Pekarangan Menjadi Penyumbang Bahan Sayuran

Memanfaatkan Lahan Pekarangan Menjadi Penyumbang Bahan Sayuran

Tri, saat menunjukan buah terong di pelataran rumahnya, di Desa Abungjayo, Kecamatan Abung Selatan salah satu desa penyumbang bahan sayuran di Lampung Utara. | Sarnubi/ Saibumi.com

Saibumi.com, Kotabumi - Berawal dari pemanfaatan lahan pekarangan masyarakat Desa Abungjayo Kecamatan Abung Selatan akhirnya menjadi salah satu desa penyumbang bahan sayur-sayuran di Lampung Utara.

Sebagaimana dikatakan Tri, salah seorang warga desa setempat yang mengatakan masyarakat menggunakan lahan sekitar tempat tinggalnya sebagai lahan untuk bercocok tanam bahan sayur mayur seperti terong, cabai, tomat, bayam, dan pepaya untuk kebutuhan rumah tangga.

BACA JUGA: Sehari Razia, Amankan Puluhan Botol Miras

"Rata-rata di pelataran atau pekarangan rumah masyarakat ditanami kebutuhan rumah tangga, terong, sawi, bayem cabut, kangkung, pepaya, dan cabai," kata Tri, pada Saibumi.com.

Untuk tanaman terong ungu bulat dan panjang dari masa tanam sampai produksi cukup dalam kurun waktu dua bulan sudah mulai berbuah. Dan sekarang harga terong Rp3000 per kilogram ditingkat pedagang eceran. "Yang jelas selagi ada sumber air dia akan terus berproduksi dan kebanyakan pada usia 4 bulan sudah di ganti dengan tanaman yang baru," ujar dia. 

Tri, mengatakan untuk lahan pekarangan dan perkebunan miliknya selain bahan rempah-rempah seperti cabai, terong, dia juga membudidayakan tanaman pepaya kalipornia. Pepaya ini dari masa tanam hanya memakan waktu 7 sampai 8 bulan sudah mulai berbuah. 

"Masa satu kali produksi bisa mencapai usia 5 tahun, namun kebanyakan di lakukan penanaman ulang di usia 3 tahun. Dan buah-buah pepaya ini sudah kita jual juga hingga di pulau jawa," kata Tri.

Kepala Desa Abungjayo, Mulyadi, menambahkan saat ini hasil pertanian masyarakatnya sudah di pasarkan diberbagai pasaran di wilayah Kotabumi dan Lampung Utara khususnya. Dan awalnya masyarakat hanya memanfaatkan pelataran sekitar rumah untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga namun saat ini aktipitas ini menjadikan desa setempat sebagai penyumbang bahan sayuran.  

"Aktipitas masyarakat di sini sudah dapat dilihat sejak jam 3 subuh, 9 pagi, dan jam 12 siang sudah pergi ke pasar mengantarkan bahan sayurannya. Dan untuk bahan sayuran rata-rata dari hasil masyarakat Abungjayo," kata Mulyadi. (*)

Laporan wartawanSaibumi.com Sarnubi 

 

BACA JUGA: SKPD di Lampung Timur Pangkas Sejumlah Kegiatan

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong