Logo Saibumi

Ganti Rugi Pembangunan Irigasi di Lampung Timur Sisakan Masalah

Ganti Rugi Pembangunan Irigasi di Lampung Timur Sisakan Masalah

Minak Banjar Hendra, warga Jabung, menunjukkan selembaran kertas lahan miliknya yang tidak sesuai ganti rugi proyek irigasi Way Sekampung. | Nurman Agung/Saibumi.com.

Saibumi.com, Sukadana - Ganti rugi pembangunan irigasi Way Sekampung di Kecamatan Jabung, Kabupaten Lampung Timur, menyisakan masalah.

Diketahui, Kecamatan Jabung memiliki 15 desa. Ada 193 bidang di 7 desa yang terkena proyek pembangunan irigasi adalah Desa Negarabatin, Desa Negarasaka, Desa Jabung, Desa Mumbangjaya, Desa Adiluhur, Desa Betengsari, dan Desa Asahan.
Sementara 13 bidang yang belum tuntas masalahnya ada di 4 desa, yakni Desa Jabung, Desa Negarabatin, Desa Negarasaka, dan Desa Asahan.

BACA JUGA: Lampung Peringkat 6 Peredaran Narkoba di Indonesia

"Kami selaku pemkab, masih melakukan pemecahan masalah seperti tumpang tindih tanah, pengukuran dan lainnya. Nah ini yang mrmbutuhkan waktu panjang," kata Assisten 1 Pemkab Lampung Timur Tarmizi kepada Saibumi.com, Rabu 8 Juni 2016.

Namun demikian, pemkab mempersilahkan pihak balai besar provinsi untuk menuntaskan permasalahan ini yang dianggap tidak rumit. "Seperti kurangnya pembayaran atau keberatan dengan nilai ganti rugi per bidang," kata dia


Sementara itu, Minak Banjar Hendra, mengaku dirinya memiliki tanah 100x50 meter persegi berisi pohon kelapa 20 batang, sengon 6 batang, duku 10 batang, jengkol 10 batang, pisang 60 batang, cabai jamu 50 bayang, bayur 50 batang, pinang 20 batang, randu 10 batang, duren 10 batang, dan kopi 50 batang.

Minak Banjar Hendra menambahkan dana ganti rugi tidak dikirim lewat rekening, tapi dibagi oleh pihak BPN secara langsung kepada penerima di kantor kecamatan pada 23 November 2015.
"Saya keberatan saja, sebab tanah saya seluas itu berisi tanaman hanya dibayar Rp13 juta.  Kemauan saya tanam tumbuh ya harus dibayar juga," ucapnya.

Meski telah mengambil dana ganti rugi Rp13 juta, tapi Minak Banjar Hendra mengaku tidak tahu soal pengukurannya. "Kami sebagai warga ya mana tahu soal itu. Sebab, dikasih uang ya kami terima saja," ungkapnya.

Untuk diketahui, Kecamatan Jabung dan Kecamatan Way Jepara mendapat pembangunan irigasi. "Tahap pertama baru Jabung, kalau Way Jepara belum berjalan proses tahapan," kata dia. (*)

Laporan wartawan Saibumi.com Nurman Agung

 

BACA JUGA: Pemkab Lampung Timur Janji Selesaikan Ganti Rugi Lahan Pembangunan Irigasi Way Sekampung

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong