Logo Saibumi

Pemkab Lampung Timur Janji Selesaikan Ganti Rugi Lahan Pembangunan Irigasi Way Sekampung

Pemkab Lampung Timur Janji Selesaikan Ganti Rugi Lahan Pembangunan Irigasi Way Sekampung

Korlap Fitri Andi saat diwawancarai wartawan media cetak dan elektronik. | Nurman Agung/Saibumi.comO

Saibumi.com, Sukadana - Dialog yang dilakukan Pemkab Lampung Timur dan warga Jabung, di ruang Sekkab yang dilakukan tertutup, Kamis 2 Juni 2016, menemui titik temu.

Fitri Andi, korlap massa, mengatakan ada 13 kepala keluarga (KK) yang tidak mendapat ganti rugi proyek irigasi Way Sekampung milik Balai Besar Provinsi Lampung itu.

BACA JUGA: Demo Warga Jabung Aspirasikan 8 Tuntutan ke BPN dan Pemkab Lampung Timur

"Ada beberapa pemilik lahan yang sudah diganti rugi, tapi kami ke sini untuk mempertanyakan 13 KK yang belum diganti rugi," kata dia, usai berdialog dengan Assisten 1 Pemkab Lampung Timur dan jajarannya.

Menurut dia, ganti rugi ini sarat unsur KKN. Soalnya ada skenario yang matang dalam melakukan pendataan pemilik tanah yang mendapat ganti rugi.

"Kami belum tahu total keseluruhan bidang tanah, kemudian berapa harga tanah per bidangnya. Sebab, ini salah sasaran penerima ganti ruginya. Sehingga, kami ingin mempertanyakan hal itu ke konsultan. Karena, menurut BPN masalah ganti rugi itu urusan konsultan," jelas Fitri Andi.

Assisten 1 Pemkab Lampung Timur Tarmizi mengatakan pemerintah siap memfasilitasi kedua belah pihak, antara BPN dan pemilik tanah yang terkena proyek irigasi Way Sekampung.

Pada prinsifnya, kata dia,  bupati menginginkan persoalan warga Jabung itu dapat diselesaikan. "Kami siap memfasilitasi mediasi antara BPN dan warga Jabung. Rencana mediasi pada Senin 6 Juni 2016," katanya.

Tarmizi membeberkan bahwa total ganti rugi yang diukur pada proyek irigasi Way Sekampung sebanyak 193 bidang. "Semua ada tahapannya. Ada perencanaan, persiapan, dan pelaksanaan. Pada tahap pelaksanaan ini diketuai BPN sampai ke pembayaran," kata dia.

Usai melakukan unjuk rasa di depan kantor Bupati Lamtim, kemudian rombongan pengunjuk rasa ini ke kantor BPN Lamtim untuk menyampaikan aspirasi dan keluhannya. (*)

Laporan wartawan Saibumi.com Nurman Agung

 

 

 

BACA JUGA: Puluhan Polisi Stanby Tunggu Kedatangan Massa Unjuk Rasa di Jabung

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong