Logo Saibumi

Demo Warga Jabung Aspirasikan 8 Tuntutan ke BPN dan Pemkab Lampung Timur

Demo Warga Jabung Aspirasikan 8 Tuntutan ke BPN dan Pemkab Lampung Timur

Puluhan warga Jabung dan lembaga Topan RI melakukan unjuk rasa di depan kantor Bupati Lamtim, sekitar pukul 10.00 WIB Kamis 2 Juni 2016. | Nurman Agung/Saibumi.com.

Saibumi.com, Sukadana - Puluhan warga Jabung sekitar pukul 10.30 WIB, Kamis 2 Juni 2016, melakukan unjuk rasa dengan berorasi di depan Kantor Bupati Lampung Timur.

Massa datang dengan menggunakan 5 mobil dan 1 bus. Rombongan warga membawa alat peraga dan alat pengeras suara. Dalam orasinya, warga Kecamatan Jabung bersama lembaga Topan RI. Mereka menyesalkan dugaan manupilasi data lahan ganti rugi untuk jalur irigasi Way Sekampung dengan anggaran 2015.

BACA JUGA: Puluhan Polisi Stanby Tunggu Kedatangan Massa Unjuk Rasa di Jabung

Massa pun melayangkan 8 butir pernyataan sikap. Di antaranya,

  1. Mendesak BPN dan Tim 9 Pemkab Lamtim agar memberikan ganti rugi lahan, tanam tumbuh, serta bangunan yang kena jalur irigasi Way Sekampung.
  2.  Meminta kepada pihak BPN dan Tim 9 agar segera memberi ganti rugi kepada penerima ganti rugi lahan untul jalur irigasi Way Sekampung secara transparan.
  3. Mengecam tindakan BPN yang diduga telah mengadu domba masyarakat penerima ganti rugi sebenarnya.
  4. Mengecam tindakan BPN yang telah ceroboh mengeluarkan dana ganti rugi kepada yang bukan pemiliknya.
  5. Mendesak pihak BPN agar bertanggung jawab dengan adanya pengukuran ulang yang telah menguntungkan penerima ganti rugi.
  6. Meminta kepada Tim 9 beserta pihak BPN agar bertanggung jawab atas pembayaran ganti rugi yang telah dikeluarkan.
  7. Meminta pertanggungjawaban kepada Tim 12 agar mempertanggungjawabkan dana ganti rugi yang telah diterima oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.
  8. Meminta Kejari Sukadana menindaklanjuti oknum-oknum panitia ganti rugi, baik panitia desa sampai panitia kabupaten yang diduga memanipulasi data ganti rugi.

Pantauan di kantor Bupati Lamtim, Assisten 1 Pemkab Lamtim Tarmizi dan Kepala Badan Kesbangpolinmas Amriadi bersama jajarannya menerima enam perwakilan massa untuk berdiskusi di ruang kerja Plt Sekkab Puji Riyanto.

Sejumlah wartawan media cetak dan elektronik tidak diperkenankan masuk ke ruang Sekkab, karena diskusi kedua belah pihak secara tertutup. Puluhan anggota Polri dan Satpol PP masih berada di depan untuk mengamankan situasi kamtibmas. (*)

Laporan wartawan Saibumi.com Nurman Agung

 

BACA JUGA: Soal Ganti Rugi Tanah, Warga Jabung Unras Soal Irigasi

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong