Logo Saibumi

Pemkab Lampung Utara Bentuk Tim Sidak Pasar

Pemkab Lampung Utara Bentuk Tim Sidak Pasar

Ilustrasi sidak pasar di Bandar Lampung beberapa waktu lalu | dok

Saibumi.com, Kotabumi - Pemerintah Kabupaten Lampung Utara melalui Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag), Dinas Kesehatan, Polisi Pamong Praja (Pol-PP) bersama Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) akan melakukan pemantauan terhadap produk-produk tidak layak konsumsi (kadaluarsa) di pasar dan beberapa toko retail di kabupaten setempat.

Kasi Promosi Perdagangan, A. Rozie mendampingi Kabid Perdagangan Diskoperindag Yanurita, mengatakan menjelang bulan suci ramadan Pemkab Lampung Utara telah membentuk tim guna melakukan sidak disejumlah pasar dan toko. 

BACA JUGA: Kasus Gizi Buruk di Lampung Utara Menurun

"Sidak di sejumlah pasar dan toko ini guna mengetahui situasi pasar menjelang bulan Ramadan dan hari raya Idul Fitri, biasanya banyak ditemukan produk makanan tidak layak yang beredar di pasaran," kata A. Rozie, di kantornya, Selasa 24 Mei 2016.

Untuk itu pihaknya menghimbau pada masyarakat agar berhati-hati dan cermat dalam membeli produk-produk makanan. "Biasanya menjelang bulan puasa dan lebaran itu, rawan akan barang kadaluarsa. Untuk itu pemkab melalui tim akan melakukan pemantauan di pasar-pasar," jelas dia.

Jika ditemukan produk -produk tak layak konsumsi, kata Rozie,  maka  tim akan memberikan sanksi teguran hingga berupa pencabutan izin dagang. "Jika masih berjualan produk kadaluarsa kita berikan sanksi teguran secara tertulis, dan jika membandel maka izinnya akan kita cabut," tegas dia.

Lebih jauh dikatakannya, jika memang pedagang tersebut sudah ditegur dan masih melakukan penjualan, maka pihaknya tidak segan segan untuk melapor ke pihak berwajib. 

"Kalau dari pengalaman (track record) nya suatu toko atau usha itu terus-terusan membandel masih menjual produk kadaluarsa, terpaksa tim akan melaporkannya ke pihak yang berwajib," kata A. Rozie. (*) 

Laporan wartawan Saibumi.com Sarnubi

BACA JUGA: Pekurun Barat Juara Umum MTQ Tingkat Kecamatan

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong