Logo Saibumi

Kekerasan Seksual Marak, DPW PAN Lampung Minta Pemprov Tangani dengan Serius

Kekerasan Seksual Marak, DPW PAN Lampung Minta Pemprov Tangani dengan Serius

Ketua DPW PAN Lampung Saad Sobari | Irzon Dwi Darma/ Saibumi.com.

Saibumi.com, Bandar Lampung - Pemerintah Provinsi Lampung harus jeli dan serius dalam menangani korban kekerasan seksual terhadap perempuan dan anak yang akhir-akhir ini marak terjadi.

Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Lampung meminta agar pemerintah membangun lembaga khusus (Rumah Ramah) atau posko aduan untuk memulihkan mental korban.

Menurut Ketua DPW PAN Lampung Saad Sobari, kekerasan seksual menjadi masalah yang amat jelas di depan mata. Harus ada peran negara untuk memberikan perlindungan terhadap hak-hak mereka.

"Untuk penyembuhan mental korban, pemerintah harus bisa mendampingi serta hadir. Bisa dengan memberikan pendampingan bersama psikiater atau membuka posko aduan seperti kami (PAN) yang saat ini sudah berjalan di seluruh kabuparen/kota," papar Saad, kepada Saibumi.com, di sela-sela acara Dialog Penanganan Korban Kekerasan Seksual Terhadap Perempuan dan anak, di The Seven Hotel, Bandar Lampung, Selasa, 24 Mei 2016.

Mantan advokasi Lampung itu melanjutkan, terkait penanganan dan penyembuhan mental, pemerintah juga wajib membebaskan seluruh biaya. "Selain memberikan advokasi serta pembelaan kepada korban. Biaya juga perlu dipikirkan, jangan sampai jadi sudah jatuh tertimpah tangga," ungkapnya.

Untuk diketahui, dalam acara yang diselenggarakan oleh PAN Lampung pagi ini, dihadiri oleh seluruh Perempuan PAN se Lampung, Organisasi Kewanitaan, Badan Kerjasama Organisasi Wanita, Fatayat NU, Ikatan Wanita Muhammadiyah, dan HMI. Dengan pembicara, Iptu Sri Andar Yati mewakili Polda Lampung, Wakil Kabid Perlindungan Perempuan dan Anak Lampung Heni Astuti, Ketua Bidang Politik dan HAM  DPW PAN Lampung Diah Dharma Yanti, dan moderator Rempi Lia Sari dari LSM Save The Children.(*)

Laporan wartawan Saibumi.com Irzon Dwi Darma

BACA JUGA: Maraknya Kekerasan Seksual, PAN Lampung akan Gelar Diskusi 24 Mei Mendatang

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong