Logo Saibumi

Pekon Pujodadi Belum Bisa Cairkan Dana Desa

Pekon Pujodadi Belum Bisa Cairkan Dana Desa

Ilsutrasi dana desa | Anton S Nugroho/Saibumi.com

Saibumi.com, Pringsewu - Pekon Pujodadi, Kecamatan Pardasuka, Kabupaten Pringsewu, Lampung, belum bisa mencairkan dana desa tahun ini.

Kepastian pencairan masih menunggu proses pelantikan Pj kepala pekon yang dilakukan pihak kecamatan. Sementara, waktunya belum bisa ditentukan.

BACA JUGA: Dana Pilkada Lampung Barat Rp 18,4 M, Panwaslu Rp 7,4 M

"SK Pj-nya sudah keluar, tapi pelimpahan pelantikan oleh Bupati kepada camat masih menunggu ditandatangani Bupati," kata Kepala Badan Pemberdayaan dan Pemerintahan Pekon (BPMPP) Pringsewu M Khotim, Senin 23 Mei 2016.

Khotim memastikan Pj kepala pekon bisa langsung memproses pengajuan baik Alokasi Dana Pekon (ADP) maupun dana desa usai dilantik nanti. Untuk itu, kelengkapan persyaratan seperti penyusunan RKPP, RMPJP, dan APBDP menjadi penting untuk segera disiapkan.

"Jadi, selesai pelantikan, Pj kepala pekon langsung bisa menandatangani apa yang perlu ditandatangani," kata Khotim.
Hingga hari ini, dari total 126 pekon yang ada di Kabupaten Pringsewu, 108 pekon sudah melakukan pengajuan dan mencairkan dana desa tahap pertama.

Diketahui, masing-masing pekon mendapatkan besaran jatah desa berbeda. Tergantung jumlah penduduk, luas wilayah, tingkat kemiskinan, dan kesulitan akses geografis masing-masing desa. Untuk pekon yang mendapatkan Dana Desa terbesar adalah Pekon Tanjungrusia, Kecamatan Pardasuka dengan total DD sebesar Rp728 juta. 

Sedangkan Pekon Tambakrejo Barat, Kecamatan Gadingrejo mendapatkan jatah DD paling sedikit dengan total Rp587,7 juta.
Selain itu, masing-masing pekon juga telah mencairkan ADP tahun 2016 ini.

Untuk penerimaan ADP, Pekon Selapan, Kecamatan Pardasuka mendapatkan jatah paling besar di antara pekon yang lain sebesar Rp415,8 juta.  Sedangkan yang paling kecil mendapatkan ADP yakni Pekon Sukanegri, Kecamatan Pardasuka Rp236,8 juta. (*)

Laporan Wartawan Saibumi.com Anton S. Nugroho

BACA JUGA: Manfaat Tomat untuk Penyakit Prostat

#

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong