Logo Saibumi

Dana Pilkada Lampung Barat Rp 18,4 M, Panwaslu Rp 7,4 M

Dana Pilkada Lampung Barat Rp 18,4 M, Panwaslu Rp 7,4 M

Kantor Dinas PPKAD Lambar| Edi Saputra / Saibumi.com

Saibumi.com, Lampung Barat – Pemkab Lampung Barat telah menyiapkan anggaran Rp 18,4 Miliar untuk mendanai pelaksanaan Pilkada tahun 2017. Sementara khusus untuk pengawasan pelaksanaan Pilkada, disiapkan Rp7,4 Miliar.

Namun, dana Rp 7,4 M tersebut masih belum disalurkan karena pihak Panwaslu Kabupaten setempat belum menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NHPD). Padahal, tiga orang Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Lambar telah dilantik.

BACA JUGA: NasDem Lampung Usung Siti Rahma di Pringsewu

Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (PPKAD) Lambar Sudarto,  mengatakan untuk anggaran pengawasan telah disiapkan dan berada di kas daerah, sehingga terkait anggaran dipastikan tidak akan mengalami hambatan. 

"Anggarannya sudah ada, kita anggarkan Rp7,4  Miliar lebih termasuk penambahan yang diusulkan oleh Bawaslu. Dana tersebut siap untuk kita pindahkan ke rekening Panwaslu," ungkap Sudarto kepada Saibumi.com, Senin 23 Mei 2016 . 

Hanya saja, lanjut dia, pihaknya masih menunggu kesiapan dari pihak Panwaslu yang akan melakukan penandatanganan NPHD tersebut. 

Terkait NPHD apakah akan dihibahkan sekaligus, atau akan dilakukan secara bertahap pihaknya akan melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan Bawaslu Lampung. 

"Yang jelas soal anggaran tidak ada masalah, sebab anggarannya sudah kita siapkan. Tinggal penandatanganan NPHD lagi, dan itu masih dikoordinasikan terkait jadwal pelaksanaannya," kata Darto. 

Penandatanganan NPHD kepada KPUD Lambar telah dilaksanakan lebih dulu, dan total dana yang dipersiapkan untuk mendanai pelaksanaan Pilkada Lambar Rp18,4 Miliar dengan dibagi dua tahap, untuk tahapan di 2016 sebesar Rp13 Miliar lebih dan untuk tahapan ditahun 2017 sebesar Rp5 miliar lebih. 

Sementara itu salah seorang anggota Panwaslu Lambar Doni Rosadi mengatakan, pihaknya akan segera melakukan koordinasi dengan dinas terkait dalam hal ini Dinas PPKAD untuk menjadwalkan pelaksanaan penandatanganan NPHD. 

"Kami sudah melakukan koordinasi dengan bupati terkait hal itu, dan secepatnya kami akan melakukan koordinasi dengan dinas PPKAD untuk menjadwalkan penandatanganan NPHD," kata Doni.(*) 

Laporan wartawan Saibumi.com Edi Saputra 


BACA JUGA: PDIP Lampung Minta Kader Ingin Maju Pilkada 2017 agar Introspeksi

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong