Logo Saibumi

Boedi Oetomo Inspirasi Perjuangan Pemuda Indonesia

Boedi Oetomo Inspirasi Perjuangan Pemuda Indonesia

Kapolres AKBP Chandra saat memimpin upacara bendera memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-108, di halaman Kantor Bupati Way Kanan, Jumat 20 Mei 2016. | Sandi Indra/Saibumi.com

Saibumi.com, Belambanganumpu – Salah satu inspirasi dari berdirinya organisasi Boedi Oetemo pada 1908 adalah munculnya sumber daya manusia nasionalisme kebangsaan, dan memiliki cita cita mulia untuk melepas diri dari penjajah.

“Dengan tampilnya sumber daya manusia yang unggul inilah semangat kebangkitan nasional dimulai,” kata Kapolres Way Kanan AKBP Yudi Chandra Erlianto, pada upacara Hari Kebangkitan Nasional di Lapangan pemkab setempat, Jumat 20 Mei 2016.

BACA JUGA: Lokasi di Dalam Gang, Kelurahan Ini Dianggap Warga Berikan Layanan yang Baik

Menurut Yudi, perjuangan Boedi Oetomo yang yang dipimpin Wahidin Soediro Husodo dan Soetomo, dilanjutkan oleh kaum muda pada 1928, yang kemudian melahirkan Sumpah Pemuda.

“Dan melalui perjuangan yang tak kenal lelah akhirnya kita dapat memproklamirkan kemerdekaan pada 17 Agustus 1945,” kata dia.

Upacara memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-108 tahun 2016, hadir sebagai komando upacara Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Pemkab Way Kanan Reynaldhi.

Pada kesempatan itu, kapolres juga mengingatkan kepada seluruh peserta upacara kalau NKRI adalah harga mati dan tidak bisa ditawar-tawar lagi.

“Semangat memperingati Hari Kebangkitan Bangsa tahun 2016 ini, kinerja kita semakin baik dan semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” kata dia. (*)

Laporan wartawan Saibumi.com Sandi Indra

 

BACA JUGA: Jelang Pilkada, Bupati Pringsewu Lantik 181 Pejabat Eselon III dan Eselon IV

#

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong