Logo Saibumi

Hari Lingkungan Hidup, Bupati Lambar Minta Lindungi Satwa Langka

Hari Lingkungan Hidup, Bupati Lambar Minta Lindungi Satwa Langka

Kepala BLHKP Lampung Barat Ahmad Hikami (derdiri di belakang) dan Assisten II Bidang Perekonomian Noviardi Kuswan, saat menyematkan pita secara simbolis kepada para peserta lomba.| Edi Saputra/Saibumi.com

Saibumi.com, Lampung Barat - Badan Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Pertamanan (BLHKP), Lampung Barat menggelar kegiatan aneka lomba memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada 5 Juni 2016 mendatang.

Bupati Lampung Barat Mukhlis Basri mengatakan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia bertujuan untuk menegaskan komitmen dan aksi pengelolaan dan perlindungan lingkungan hidup serta kepunahan satwa liar. Hal itu telah menjadi kesepakatan dan gerakan bangsa-bangsa di dunia.

BACA JUGA: Delapan Pekon di Lampung Barat Dapat Dana GMD Saburai

"Di Lampung Barat peringatan dimaksud dapat kita eksplorasi lebih berarti lagi, terutama dengan mengajak dan melibatkan secara aktif masyarakat serta spontanitas, kreativitas, dan modal sosial yang kita miliki di daerah-daerah. Sebagai kabupaten dalam menjaga sumber kekayaan satwa kita seperti badak, lanturung, gajah, burung rengkong, dan harimau yang merupakan salah satu unsur penting dalam membangun dan menjaga ketahanan nasional kita,” kata dia.

Mukhlis juga mengatakan, tema untuk peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2016, yaitu tanpa kompromi dalam memerangi perdagangan ilegal satwa liar.

“Perburuan liar serta penjualan satwa liar dapat ekosistem alam liar sebagai habitatnya. Serta merusak lingkungan dan bahkan di antaranya telah menimbulkan bencana bagi masyarakat.  

Hal ini merupakan akibat dan ekses dari kebijakan dan implementasi serta supervisi dan kesadaran yang belum menguap pada aspek dan arti penting lingkungan. Terutama dalam kebijakan yang berkaitan dengan alokasi, eksplorasi, dan eksploitasi sumber daya alam, khususnya sumber daya satwa liar,” kata dia.

Sementara itu, Kepala BLHKP Lampung Barat Ahmad Hikami mengatakan kegiatan peningkatan edukasi dan komunikasi masyarakat di bidang lingkungan hidup tujuannya untuk dapat memberikan pemahaman pendidikan tentang pengelolaan lingkungan hidup. 

“Jenis lomba yang dilaksanakan yaitu lomba kebersihan lingkungan kantor di lingkungan pemkab, lomba mewarnai  tingkat TK,” kata dia. (*)

Laporan wartawan Saibumi.com, Edi Saputra.

 

BACA JUGA: Silpa APBD 2015 Lampung Barat, BPK-Tim Anggaran Berbeda

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong