Logo Saibumi

Delapan Pekon di Lampung Barat Dapat Dana GMD Saburai

Delapan Pekon di Lampung Barat Dapat Dana GMD Saburai

Sekretaris Bappeda Lampung Barat Agutanto Basmar. | Edi Saputra/Saibumi.com

Saibumi.com, Lampung Barat - Tahun ini, delapan pekon di Lampung Barat mendapatkan dana Program Gerakan Membangun Desa Sangbumi Rua Jurai (GMD Saburai). Program itu digelontorkan Provinsi Lampung untuk kategori pekon tertinggal atau pekon tuha (tua). 

Menurut hasil survei pemerintah provinsi, di kabupaten ini ada 38 dari 131 pekon tertinggal. Tapi, untuk tahun ini yang mendapatkan bantuan GMD Saburan hanya delapan pekon. 

BACA JUGA: Silpa APBD 2015 Lampung Barat, BPK-Tim Anggaran Berbeda

"Ada delapan pekon yang mendapatkan kucuran dana sebesar Rp200 juta sampai Rp300 juta per pekon. Dana itu untuk pembangunan fisik di pekon tersebut yang memang belum tersentuh pembangunan. Tapi, petunjuk teknisnya pembangunan fisik dari GMD Saburai ini harus terpisah dari pembangunan fisik lainnya seperti fisik Anggaran Dana Pekon (ADD) dan lainnya,” kata Sekretaris Bappeda Lambar Agustanto Basmar, Rabu 18 Mei 2016. 

Untuk delapan pekon penerima yakni, Pekon Sukabanjar, Kecamatan Lumbokseminung; Bandarbaru, Kecamatan Sukau; Pekon Kerang, Kecamatan Batubrak; Pekon Serungkuk, Kecamatan Belalau; Tigajaya, Kecamatan Sekincau; Mekersari, Kecamatan Pagardewa; dan Pekon Tanjungsari serta Pekon Ringinjaya, Kecamatan Bandarnegeri Suoh (BNS).

"Kedelapan pekon ini kucuran dananya langsung ke rekening masing-masing dari provinsi. Artinya, dalam hal dana kita tidak tahu menahu," kata  Agustanto. 

Diharapkan dengan adanya program GMD Saburai ini, Lampung Barat, bisa lebih baik lagi. "Kategori pekon tertinggal yakni dari segi sumber daya manusia (SDM), infrastruktur, pendidikan, dan beberapa kategori lainnya. Dengan adanya program ini maka kabupaten ini diharapkan akan lebih maju lagi dari sebelumnya. Tentunya dengan benar-benar melakukan dan menjalankan program yang ada,” kata Agustanto. (*)

Laporan wartawan Saibumi.com, Edi Saputra 


BACA JUGA: BPN Harus Sosialisasikan Pembuatan Sertifikat Mandiri dan Prona

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong