Logo Saibumi

Sengketa Lahan PT UJA-Warga, Komisi A akan Teliti ke Lapangan

Sengketa Lahan PT UJA-Warga, Komisi A akan Teliti ke Lapangan

suasana rapat soal penyelesaian sengketa lahan. | Rudi Ahmad/Saibumi.com

Saibumi.com, Tulangbawang Barat - PT Umas Jaya Agrotama (UJA) dan Komisi A DPRD Tulangbawang Barat menggelar rapat di gedung Dewan setempat membahas lahan Umbulspelet seluas 38 hektare, di Gunungkatun Malai, Kecamatan Tulangbawang Udik, Senin 18 April 2016.

Anggota Komisi A DPR Tulangbawang Barat Sukardi mengatakan pihaknya akan meneliti kembali kasus sengketa PT UJA dengan masyarakat. “Karena, perbuatan perusahaan tersebut telah melawan hukum," kata dia.

BACA JUGA: Pasar Panaragan Kotor dan Bau

Untuk membuktikan perbuatan oknum-oknum dari pihak PT UJA, Komisi A akan melakukan penataan ulang bersama pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat dan aparat penegak hukum.

Sebagaimana diketahui, keamanan PT UJA sebelumnya nyaris bentrok dengan puluhan warga penggarap Umbulspelet di lahan sengketa seluas 38 hektare di wilayah  Gunungkatun.

Juwaini, warga Tiyuh Gedungratu, Kecamatan Tulangbawang Udik  mengatakan PT UJA harus melakukan penataan ulang bersama Pemkab Tulangbawang Barat dan penegak hukum. “Tujuannya, agar PT UJA dan masyarakat dapat memiliki hak bersama-sama demi tegaknya kebenaran berdasarkan fakta dan bukti ," kata dia.

Dlam rapat yang digelar di Komisi A, pihak PT UJA yang tak mau menyebut namanya menjelaskan kepada Dewan kalau tanah sengketa seluas 38 hektare, karena sebagian tanah warga termasuk di tanah perusahaan.

“Lahan PT UJA memang telah berada di tanah warga atau batas wilayah dari luas 1.100 ha dan 800 ha. Karena penertiban batas itu memang sudah ada sejak lama. Persoalan PT UJA dengan masyarakat itu karena ada perselisihan sedikit," kata dia. (*)

Laporan wartawan Saibumi.com Rudi Ahmad

BACA JUGA: Pemkab Tulangbawang Barat Lakukan Pelebaran Jalan Simpan Tugu Rato

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong