Logo Saibumi

Pengadaan Listrik di Lampung Terkendala RUPTL

Pengadaan Listrik di Lampung Terkendala RUPTL

Anggota DPRD Lampung Imer Darius. | Irzon Dwi Darma/Saibumi.com

Saibumi.com, Bandar Lampung – Guna menyelesaikan Krisis listrik yang terjadi, Pemprov Lampung segera melakukan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) di Kabupaten Mesuji.

Anggota Komisi IV DPRD Lampung Imer Darius mengatakan dipilihnya Mesuji karena daerah itu merupakan salah satu lokasi yang potensial dan kaya akan sumber daya alam, seperti batu bara yang berkalori rendah. Di mana ketersediaannya bisa digunakan hingga 50 tahun ke depan.

"PLTU yang akan dibangun di Mesuji nantinya akan menghasilkan 2 X 350 MW (Mega Watt)," kata Imer, kepada Portal Berita Online Lampung Saibumi.com, di ruang kerjanya, Gedung DPRD Lampung, Kamis 14 April 2016.

Politisi Partai Demokrat ini melanjutkan, untuk merealisasikan hal itu Pemprov Lampung akan bekerja sama dengan PT Shenhua, yaitu investor asal Tiongkok untuk memanfaatkan batu bara menjadi energi listrik. Karena, PT Shenhua adalah perusaha BUMN asal Tiongkok yang bergerak di bidang energi.

"Perusahaan asal negeri bambu itu yang terbesar kedua di sana. PT Shenhua bisa menghasilkan energi listrik 5.800 MW sampai 78.000 MW," kata dia.

Selain itu, PT Shenhua akan menerapkan sistem Green Wise, di mana tidak ada limbah yang mengganggu dan merusak lingkungan. Namun, saat ini, Provinsi Lampung masih terkendala dengan verifikasi Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) yang masih membutuhkan persetujuan dari Kementerian ESDM.

"Pemanfaatan energi listrik adalah kewenangan pusat dan PLN, kami DPRD hanya mendorong saja agar Provinsi Lampung terbebas dari krisis listrik," tukasnya. (*)

Laporan wartawan Saibumi.com Irzon Dwi Darma

 

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong