Logo Saibumi

Cabai Merah Caplak Tembus Rp75 Ribu per Kg

Cabai Merah Caplak Tembus Rp75 Ribu per Kg

Cabai merah | ist

Laporan Wartawan Saibumi.com Sri Nurmayanti | Editor J Asdiansyah

Saibumi.com, Bandar Lampung - Harga cabai merah besar di sejumlah pasar tradisional di Bandar Lampung melambung dalam sebulan waktu terakhir. Pantauan Saibumi.com, Jumat, 28 Februari 2014, di Pasar Pasir Gintung, Tanjungkarang Pusat, harga cabai merah besar yang juga dikenal sebagai cabai merah caplak mencapai Rp75 ribu per kilogram (kg). Kondisi yang sama juga terpantau di Pasar Mambo, Telukbetung. Padahal, pada Januari lalu harga di kedua pasar tersebut masih berkisar Rp20 ribu hingga Rp 30ribu

Saminah (50), pedagang sayur di Pasar Pasir Gintung mengaku sudah dua pekan terakhir tidak lagi menjual cabai caplak di kiosnya. Hal itu karena modal yang dikeluarkan cukup besar sementara dia takut dagangan cabainya sepi pembeli. “Sebelumnya saya sering rugi karena terpaksa jual di bawah harga beli dari pemasok,” ujar Saminah.

Hal senada dikatakan pedagang lainnya Suprihatin (30). Ia pun memutuskan tidak menjual cabai caplak karena harganya yang tidak stabil dan sulit diprediksi.

Berbeda dengan cabai merah besar alias caplak, harga cabai merah biasa relatif stabil. Di Pasar Pasir Gintung harganya bahkan mengalami penurunan dalam sebulan terakhir dari Rp35 ribu per kg menjadi Rp 25 ribu per kg. Sedangkan di Pasar Mambo harga mengalami peningkatan rata-rata Rp4 ribu per kg, dari Rp22 ribu menjadi Rp26 ribu.

Untuk bawang merah, di kedua pasar tersebut harganya juga mengalami peningkatan dari per kg-nya Rp 12 ribu menjadi Rp15 ribu

Selain ketiga komoditas tersebut, harga bahan pangan lainnya cenderung stabil. Bawang putih misalnya, bertahan pada kisaran Rp8 ribu-10 ribu per kg. Sementara bawang bombay stabil pada kisaran Rp20 ribu per kg, dan tomat Rp3 ribu-5 ribu per kg.(*)

 

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong