Logo Saibumi

Bupati Agung Ilmu Mangkunegara Gelar Audiensi dengan Umat Hindu di Lampura

Bupati Agung Ilmu Mangkunegara Gelar Audiensi dengan Umat Hindu di Lampura

Bupati Lampung Utara Agung Ilmu Mangkunegera, didampingi Asisten II Fahrizal Ismail, Kepala Kesbangpol Pirmansyah, Kepala Dinsosnakertrans Dina Prawitarini, Kabag Humas Martahan Samosir, ketika poto bersama dengan rombongan Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI), Selasa 23 Febuari 2016 | foto: Humas Lampung Utara

Saibumi.com, Lampung Utara - Bupati Lampung Utara Agung Ilmu Mangkunegara tatap muka (Audensi) dengan tokoh Agama Hindu yang tergabung dalam Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI).

Pertemuan Bupati Agung Ilmu Mangkunegara, dengan perwakilan tokoh Agama Hindu ini berlangsung di Ruang Bupati, Selasa, 23 Februari 2016.

Dalam dialog tersebut bupati menyambut baik adanya pertemuan antara Pemerintah Kabupaten Lampung Utara dengan Perwakilan Umat Hindu yang ada di Bumi Ragem Tunas Lampung.

"Sebagai pemimpin harus dapat mengayomi seluruh umat yang ada di Lampung Utara baik itu umat Muslim, Nasrani, Budha dan Hindu," ujarnya.

Pada pertemuan dan dialog yang penuh keakraban Bupati dan PHDI, tokoh agama Hindu dan tokoh adat membahas hal-hal tentang peringatan Darma Santi Hari Raya Nyepi Caka 1938. Kemudian bantuan-bantuan untuk Pura, perkembangan kelompok-kelompok belajar agama Hindu dan pembinaan-pembinaan bagi umat Hindu yang ada di Kabupaten Lampung Utara. "Pertemuan ini kita lakukan untuk mempererat tali silaturahmi antar umat beragama," ucapnya.

Pada kesempatan tersebut tokoh masyarakat Bali Wayan Swadita mengucapkan terimakasih kepada Bupati Lampung Utara atas perhatian pemerintah kepada umat Hindu. Saat kepemimpinan Bupati Agung inilah, umat Hindu, Budha, Kristen dan Katolik baru ada yang namanya perjalanan Rohani. 

"Ini suatu warna yang beda untuk bapak Agung, ada bukti nyata perhatian bapak terhadap kami umat Hindu," kata Wayan.

Ditempat yang sama Ketua PHDI Nyoman Sumarti berharap agar program-program Bupati di bidang keagamaan terus dilanjutkan di masa mendatang. Khususnya bagi umat Hindu di Lampura.

“Atas nama tokoh Agama Hindu dan tokoh adat masyarakat bali yang ada di Lampung Utara, kami mendukung penuh program-program Bupati Agung Ilmu Mangkunegara, untuk mewujudkan Kabupaten Lampung Utara menuju perubahan kearah yang lebih baik,” ungkapnya.

Rencananya Pemerintah Kabupaten Lampung Utara pada tahun 2016 ini, kembali  akan memberangkatkan enam  orang Umat Hindu untuk melaksanakan perjalanan Rohani ke india, sebagaimana seperti pada Tahun sebelumnya Tahun 2015. Selain itu memberangkatkan 50 orang Umat Muslim menjalankan Ibadah Umroh, memberangkatkan 11 orang Umat Nasrani perjalanan Rohani ke Yerussalem dan memberangkatkan 3 orang Umat Budha perjalanan Rohani ke India. (*)

Laporan wartawan Saibumi.com Sarnubi

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong