Logo Saibumi

Fichrin Rozi Bangun Desa dari Awal Bergejolak Hingga Definitif
Kepala Desa Dwikora, Kecamatan Bukit Kemuning, Kabupaten Lampung Utara

Fichrin Rozi Bangun Desa dari Awal Bergejolak Hingga Definitif

Kepala Desa Dwikora, Kecamatan Bukit Kemuning, Kabupaten Lampung Utara Fichrin Rozi | Sarnubi/ Saibumi.com

Saibumi.com, Lampung Utara - Dibawah kepemimpinan Fichrin Rozi, Desa Dwikora, Kecamatan Bukit Kemuning, Kabupaten Lampung Utara, menggeliat lebih baik, meski kehidupan masyarakat penghuni eks lokasi kehutanan tersebut sempat berada dititik tersulit, namun kini semakin menunjukkan perubahan baik semenjak ditetapkannya sebagai desa definitif.

Sebagaimana dikatakan Fichrin Rozi, ia dan masyarakat Desa Dwikora, selalu menghadapi semua rintangan dan cobaan yang datang menghampiri dengan ketabahan dan sabar. Hal itu, menurutnya, berdasarkan asal muasal lokasi tanah yang sebelum ditetapkan sebagai desa definitif sempat bergejolak. 

"Oleh para tua-tua kampung saat itu selalu dipertahankan, karena itu kami memperjuangkan desa ini untuk lebih baik," ujarnya. Terlebih lagi, lanjutnya, warga desa setempat memang sudah turun menurun bertempat tinggal di desa ini.

Untuk penduduk asli masyarakat Desa Dwikora, kata dia, adalah suku Semendo dan pada tahun 1999 ditetapkan sebagai desa definitif.

"Sejak tahun itu lah masyarakat mulai menggarap lahan ladangnya hingga sekarang. Tapi kami menyadari bahwa kami mempunyai batas wilayah yang mana harus kami bangun dan mana yang tidak," bebernya.

Secara garis besar masyarakat Desa Dwikora telah mengetahui jika batas-batas wilayah yang berada disisi jalan lintas penghubung Kabupaten Lampung Utara dengan Kabupaten Lampung Barat itu memiliki batas wilayah hanya 500 meter yang berada disisi kanan dan kiri jalan tersebut.

Lebih jauh pria kelahiran 1968 itu menjelaskan, titik letak keberadaan desa yang diperjuangkan penduduk setempat dimasa-masa sebelumnya untuk menuju perubahan lebih baik mengalami banyak rintangan, namun hal tersebut dapat dilalui berkat ketabahan dan kesabaran masyarakatnya.

"Dan sekarang sebagai generasi penerus kita akan tetap memperjuangkan aspirasi-aspirasi masyarakat hingga nanti akan kita petik hasilnya," kata Rozi.

Berdasarkan sejarah dari para tua-tua kampong, terusnya, dalam mencapai desa definitif Desa Dwikora dan sampai akhirnya saat ini telah ditetapkan sebagai Desa definitif, maka masyarakat setempat berkomitmen memajukan daerah tersebut.

Komitmen itu, lanjutnya, dapat dilihat dari meningkatnya pembangunan yang digencarkan oleh Bupati Lampung Utara Agung Ilmu Mangkunegara, yang telah memprogramkan berbagai prioritas infrastruktur pembangunan jalan untuk didesa-desa.

Selain itu melalui pemerintahan kecamatan dan desa, program kaum hawa yang tergabung dalam ikatan ibu-ibu PKK di Desa Dwikora, Bukit Kemuning, mulai menggeliat meningkatkan perannya, sambungnya.

"Untuk kegiatan ibu-ibu PKK sekarang sudah berjalan selain kegiatan pengajian rutin. Ada binaan terhadap PAUD Harapan Bunda," ujarnya.

Diharapkannya, berbagai program yang ada dapat terus berjalan sesuai dengan harapan masyarakat, dan harapan kepada daerah setempat yang telah memprioritaskan peningkatan infrastruktur desa sebagai tujuan utama pembangunan di Kabupaten Lampung Utara.

Biodata : 
Nama: Fichrin Rozi, 
Tempat tinggal: Desa Dwikora, Kecamatan 
Bukit Kemuning, Kabupaten Lampung Utara,
Kelahiran: 1968 
Menjabat kepala desa: sejak tahun 2010-2016 
Pendidikan: 
SD Bukit Kemuning 
SMP Bukit Kemuning 
SMA Bukit Kemuing 
Keluarga :
Istri : Jumawati 1968 
Anak: 
1. Husnaini 1985 (30) 
2. Firmansyah 1991 (23)

Pembangunan yang telah dilakukan dimasa jabatan selaku Kepala Desa Dwikora, Bukit Kemuning, Lampung Utara.
• Pembangunan pipanisasi dalam penyaluran air bersih dari pegunungan ke rumah-rumah masyarakat.

• Pembangunan jalan desa dan disekitaran lingkungan desa yang bersumber dari alokasi dana desa dan anggaran lainnya. 

• Kegiatan aktif ibu-ibu PKK Desa Dwikora, Bukit Kemuning Lampung Utara, diantaranya, pengajian rutin, kunjungan silaturahmi antara ibu-ibu PKK di wilayah Kecamatan Bukit Kemuning, dan pembinaan anak-anak PAUD Harapan Bunda. (adv)

BACA JUGA: Tangkap Peluang Bisnis, Ririn Asnetasia Kreasikan Bunga Buket dan Flanel

PKK Desa Dwikora, Bukit Kemuning, Lampung Utara, giatkan pembinaan pengajian rutin dan pembinaan Paud Harapan Buda menuju perubahan lebih baik.| Sarnubi/ Saibumi.com.

Kepala Desa Dwikora, Kecamatan Bukit Kemuning, Kabupaten Lampung Utara, Fichrin Rozi bersama Jumawati istrinya. | Sarnubi/ Saibumi.com.

BACA JUGA: Sempat Tinggal Lama, Budi Doremi Bicara Lampung

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong