Logo Saibumi

Operator KTP-El Mengeluh Belum Terima Honor

 Operator KTP-El Mengeluh Belum Terima Honor

Pelaksanaan perekaman e-KTP disalah satu kecamatan di Lampung Utara. | Sarnubi/saibumi.com

Saibumi.com, Lampung Utara - Operator perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) di Lampung Utara mengeluh karena sudah dua bulan bekerja belum menerima honor dan masih menunggu SK penetapan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) setempat.

Keluhan itu terlontarkan oleh sejumlah tenaga honorer di beberapa kecamatan di mana, mereka bekerja berdasarkan daftar data tahun lalu, namun untuk surat keputusan (SK) penetapan tenaga honorer selaku operator di kecamatan belum juga mereka terima.

"Kami bekerja berdasarkan data yang lama, tapi SK yang baru belum ada," kata RH tenaga operator KTP-el kecamatan yang enggan disebutkan nama lengkapnya, Senin 22 Februari 2016.

Menurut dia, sudah hampir dua bulan ini melaksanakan tugas sebagai tenaga operator KTP-el, dia belum menerima gaji. "Kemungkinan honor kami seperti tahun lalu yang dibayar tiga bulan sekali," lanjutnya.

Hal senada juga dikatakan YS. Menurut dia, sebagai tenaga honorer yang ditempatkan di kecamatan dan ditugaskan di bagian operator oleh Disdukcapil sangat mengharapkan honor mereka bisa diberikan tepat waktu. 

"Gaji kami saja belum tahu berapa sebulannya, kabarnya tiga ratus ribu rupiah satu bulannya," kata YS, tenaga honorer Kecamatan Kotabumi Selatan, Senin 22 Febuari 2016.

Diharapkannya, selain realisasi honor bisa setiap bulan diterima juga bisa diterbitkannya SK penetapan mereka selaku tenaga honor operator KTP-el. Dan untuk pelaksanaan tugasnya tersebut di Kecamatan Kotabumi untuk saat ini hanya melakukan perekaman terhadap 10 hingga 20 per hari.

"Sekarang ini antara 8 hingga 13 orang per hari yang bekerja. Dan SK itu secara gelobal, dalam satu SK data jumlah tenaga operatornya saja," kata dia.

Sementara itu, Disdukcapil Lampung Utara Ashar Ujang Salim, tidak berada di tempat. Menurut Yuni, staf Disdukcapil, dia tidak bisa memberikan keterangan terkait keluhan operator kecamatan, karena sang pimpinannya tidak ada.

"Pak kadis sama sekretaris lagi tidak ada, jadi saya belum bisa memberikan data jumlah tenaga operator dan berkomentar. Karena itu wewenang kepala dinas," kata dia. (*)

Laporan wartawan Saibumi.com | Sarnubi



Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong