Logo Saibumi

Anggota Eks Gafatar Lampung Utara Ditampung di GSG Islamic Center

Anggota Eks Gafatar Lampung Utara Ditampung di GSG Islamic Center

Eks Gafatar asal Lampung Utara yang ditampung di GSG Islamic Center Rabu, 17 Februari 2016.| Sarnubi/ Saibumi.com.

Saibumi.com, Lampung Utara - Anggota Eks Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) asal Kabupaten Lampung Utara ditampung di Gedung Serba Guna (GSG) Islamic Center Kotabumi, sebelum dipulangkan ke desa masing-masing.

Anggota eks Gafatar asal Lampung Utara gelombang ke dua itu tiba di Kotabumi, Rabu 17 Febuari 2016 siang, diketahui eks Gafatar sebanyak 112 orang yang terdiri dari 29 Kepala keluarga (KK), dan berasal dari beberapa kecamatan. Diantaranya dari Kecamatan Kotabumi, Abung Semuli, Abung Selatan, Abung Surakarta, Abung Tengah, dan Abung Timur.

Sebelum dipulangkan ke daerah masing-masing semua anggota eks Gafatar tersebut terlebih dulu didata dan diambil sidik jari ini diperkirakan untuk mempermudah petugas Polres setempat mengidentifikasi keberadaan para anggota eks Gafatar.

Marseni (43) mantan anggota Gafatar asal Desa Sukoharjo, Kecamatan Abung Surakarta, Lampung Utara menuturkan, ketika berangkat ke Kalimantan Barat selain dirinya ia jalan bersama 3 anaknya, dan karena keberangkatan itu dia terpaksa menjual setengah hektar lahan miliknya yang sudah jadi.

"Saya berangkat sama istri dan anak-anak saya, yang menjadi pertanyaan kita. Kita ini mesti tinggal dimana. Karena tempat tinggal dan lapangan pekerjaan untuk penghidupan sudah dijual waktu mau kesana (Kalimantan, ed)," kata Marseni, di Islamic Center Kotabumi, Rabu, 17 Februari 2016.

Kepada sejumlah awak media, Marseni mengakui bila keberadaan Gafatar itu sudah tidak ada, namun yang menjadi pemikiran dirinya bagaimana dengan nasib para eks Gafatar, karena kepulangan mereka ketempat asal dan lahan sudah tidak ada lagi bagaimana mereka akan menjalani kehidupan sehari-hari. Jika Pemerintah sudah memikirkan apa solusi buat mereka itu tidak akan membuat mereka putus asa. 

"Kalau pemerintah tidak ada solusi bisa dimungkinkan banyak yang akan menganggur," ujarnya.

Menurutnya, jika tidak memiliki lahan untuk bekerja ditempat asal, dan banyak tanggungan itu pasti akan menimbulkan persoalan baru. (*)

Laporan wartawan Saibumi.com Sarnubi

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong