Logo Saibumi

5 Tempat Makan Pempek Asyik di Lampung

5 Tempat Makan Pempek Asyik di Lampung

Ist

Saibumi.com, Bandar Lampung - Meskipun pempek berasal dari Kota Palembang namun makanan ini juga ternyata menjadi hidangan favorit bagi masyarakat Lampung, jika bingung mencari makanan khas wong kito ini. Berikut beberapa kedai pempek asyik di Lampung hasil reportase Saibumi.com.

1. Pempek Pak Raden

Sudah tidak asing mendengar nama dari kedai Pempek yang satu ini, berlokasi di Jalan Diponegoro No.79-80 Telukbetung, Bandar Lampung. Tempat ini menawarkan berbagai varian pempek mulai dari lenjer besar, kapal selam, lenggang, telor kecil , lenjer kecil, ada’an, dan menu lainnya seperti martabak telor, rosoles, otak-otak, pempek kates, model, tekwan hingga rujak mie.

Harga yang dipatok warung Pak Raden untuk pempek dihargai Rp4 ribu/satuannya sedangkan untuk lenjer besar yaitu Rp40 ribu, jika ingin mencicipi tekwan hingga rujak mie konsumen hanya mengeluarkan kocek Rp16 saja. Tidak hanya mengutamakan kualitas Pempek, kedai ini juga memiliki fasilitas ruang VIP yang memiliki kapasitas 30 orang, ruangan ini kerap dipakai untuk keperluan meeting ataupun pertemuan-pertemuan lainnya. Pempek pak Raden buka pukul 07.00-21.00 WIB.

2. Pempek Palembang 91

Nah, kalau tempat yang satu ini berdiri sejak tahun 1983 dengan beberapa menu unggulannya yaitu Pempek Cerewet, Model dan Es Kacangnya. Pempek cerewet adalah pempek yang berisikan kates. "Banyak yang bilang sih disini itu katesnya beda ya dengan yang lainnya," kata Tina, Pemilik Pempek 91.

Warung ini juga menyediakan berbagai menu diantaranya, Lenjer Besar, Kapal Selam, dan juga pempek campur. Untuk harga, pempek campur dihargai Rp4 ribu/satuannya dan untuk makanan Tekwan dan sejenisnya dipatok dengan harga Rp16 ribu. Jika tidak ingin ribet, pempek 91 juga tersedia fasilitas delivery order ke nomor 0721-489736. Kedai yang buka mulai dari pukul 08.00 WIB - 18.00 WIB ini juga menjual beragam oleh-oleh khas Lampung seperti keripik pisang, kemplang, kerupuk ikan dan Latin sebagainya. Pemilik Pempek 91 Tina, mengaku produk disini dijamin tidak memakai pengawet, pemutih dan bahan-bahan kimia yang membahayakan.

"Pokoknya disini pempeknya fresh, yang buat pempeknya aja saya sendiri dan hanya dibantu satu asisten, kalau banyak tangan nanti gak enak jadinya," terang Tina. Untuk menemukan kedai ini, langsung saja meluncur ke alamat Jalan MS Batu Bara No. 38 Teluk Betung, Bandar Lampung.

3. Warung Kito
"Disini Kito Nak Mongan" itulah tagline dari warung khas Palembang ini, beragam menu disajikan seperti pempek dan tekwan. Nah, kalau ketempat ini harus dicicipi nih produk unggulannya yaitu Tekwan Kito dengan rasa yang lezat dan harga yang sangat terjangkau yakni hanya Rp8 ribu saja. Tempatnya sangat homey, nyaman dan yang paling penting pelayanannya dijamin memuaskan.

Meskipun baru buka satu bulan yang lalu, Warung Kito kini sudah memiliki banyak pelanggan hingga luar daerah. Tidak hanya menyediakan pempek, warung ini pun menyediakan aneka sayur matang dengan berbagai olahan menarik. Tunggu apa lagi segera kunjungi kedai ini yang berlokasi di Jalan Keranji No.22 BTN 3 Way Halim, Bandar Lampung dan perlu diingat warung kito buka pada pukul 08.00 WIB - 20.00 WIB.

4. Pempek 56
Nah, kalau di warung ini selain memiliki produk unggulan pempek, terdapat pula beberapa minuman yang patut dicicipi diantaranya yaitu es kacang dan es dogernya. "Ya sudah banyak yang bilang, kalau kesini nyarinya itu ya es kacangnya itu. Disini lebih empuk ya kacangnya," ujar Lena, Pengelola Pempek 56.

Berdiri sejak tahun 1980 tempat ini merupakan kedai pempek yang terbilang senior diantara warung pempek lainnya. Harga yang ditawarkan tidak beda dengan harga pasaran untuk pempek dipatok Rp4 ribu saja sedangkan Tekwan dan Model dihargai Rp20 ribu serta lenjer besar seharga Rp40 ribu. Kedai ini berlokasi di Jalan MS Batu Bara No.56, Teluk Betung, Bandar Lampung yang buka pukul 08.00 WIB - 20.00 WIB.

5. Pempek 40
Masih di kawasan Jalan MS Batubara, ada lagi nih menu asyik yang hanya tersedia di Pempek 40 yaitu Burgo dan Mie Celor yang hanya bisa dijumpai di kedai ini. Burgo merupakan makanan yang berasal dari tepung beras yang disajikan dengan kuah Ikan gabus yang di blender dan di campur dengan santan, sedangkan Mie Celor adalah hidangan mi yang disajikan dalam campuran kuah santan dan kaldu ebi, dicampurkan taoge dan disajikan bersama irisan telur rebus, ditaburi irisan seledri, daun bawang dan bawang goreng. 

Harga menu yang dibandrol Pempek 40 ini berkisar Rp4 ribu - Rp20 ribu dan buka mulai dari pukul 08.00 WIB - 18.00 WIB dengan alamat lengkap Jalan MS Batu Bara No. 40 A Teluk Betung, Bandar Lampung.

Lima tempat berikut bisa menjadi rekomendasi kalian jika sedang mencari berbagai olahan pempek di Bumi Ruwa Jurai. (*)

Laporan wartawan Saibumi.com Aden Kuswira Wicaksana

 

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong