Logo Saibumi

Pemkab Lampung Utara Siapkan Potensi Unggulan Daerah

Pemkab Lampung Utara Siapkan Potensi Unggulan Daerah

Suasana saat pemaparan satker di Aula Bappeda setempat Selasa, 16 Februari 2016.| Sarnubi/ Saibumi.com.

Saibumi.com, Lampung Utara - Pemerintah Kabupaten Lampung Utara kini tengah menyiapkan berbagai produk unggulan lokal dengan memberdayakan segala potensi yang ada didaerah. 

Hal ini diketahui, setelah adanya pemaparan dari sedikitnya 10 Satuan Kerja (Satker) di Lampung Utara yang difasilitasi oleh Bappeda di Aula Kantor setempat, Selasa, 16 Februari 2016.

Pemaparan bertujuan untuk mengetahui adanya Satker yang memiliki program dan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan pendapatan atau membangunan ekonomi masyarakat.

Kepala Bappeda Lampura Syahrizal Adhar mengatakan, pihaknya dengan sejumlah satuan kerja telah menggelar rapat dalam rangka pemaparan adanya potensi produk unggulan lokal. 

“Ya, ada sekitar sepuluh satuan kerja yang sudah memaparkan adanya potensi produk unggulan,” kata Syahrizal.

Dijelaskan, dari pemaparan yang ada dapat diketahui, Badan Ketahanan Pangan menyampaikan produk unggulan berupa keripik mantang dan beras siger. 

Beras siger terang Syahrizal merupakan beras inovasi campuran tiwul. "Beras Siger ini bermanfaat untuk mengobati diabetes dan obesitas (penurunan berat badan, ed),” ujarnya lagi. 

Sedangkan Keripik mantang, lanjut dia, sudah sejak lama menjadi produk unggulan Lampung Utara, hanya saja untuk industrinya memang belum maksimal. Hingga kedepan potensi ini akan terus dikembangkan menjadi produk unggulan dengan target menembus pasar global tentunya.

"Tak hanya itu, masih ada beberapa produk unggulan lainnya pada bidang industri rumah tangga harus menjadi perhatian," terangnya.

Syarizal menambahkan untuk bidang industri kerajinan tersebut akan coba memberdayakan potensi usaha kain tapis yang selama ini sudah digeluti oleh masyarakan. Kain tapis, terus dia, merupakan kerajinan tangan masyarakat daerah. Tapi karena pembinaannya yang kurang maksimal, sehingga pemasarannya pun belum maksimal.

"Insha Allah semua potensi tersebut akan kita berdayakan pada tahun 2016 ini," ujarnya seraya memperkirakan pada bulan awal bulan Maret mendatang.

Dia mencontohkan, produk kain batik asal daerah jawa menjadi salah satu produk unggulan luar daerah. Tapi, karena dilakukan pembinaan yang maksimal, hingga produk khas daerah itu bisa menembus pasar global. “Di Lampung Utara akan kita coba produk unggulan seperti kain tapis," ujarnya. 

Lebih jauh dikatakan, dalam memberdayakan produk unggulan tidak terbatas pada komunitas pertanian. Tapi juga pada industri, pariwisata dan jasa. “Ada beberapa prospek pariwisata juga sedang masuk dalam program kerja kedepan," pungkasnya. (*)

Laporan wartawan Saibumi.com Sarnubi

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong