Logo Saibumi

Dua Kali Injakkan Kaki di Lampung, Uus Tak Suka Wisata

Dua Kali Injakkan Kaki di Lampung,  Uus Tak Suka Wisata

Uus | Anggun Tya Isworo/Saibumi.com.

Saibumi.com, Bandar Lampung - Rizky Firdaus Wijaksana atau komika yang biasa disapa Uus mengaku tidak suka traveling atau wisata.

Tiba di Lampung siang ini, Minggu 07 Februari 2016, untuk mengisi acara Try Out (TO) IPB di Graha Bintang Malahayati, Ia berprinsip ketika pergi untuk bekerja, maka bekerja dan tidak sambil jalan-jalan.

"Gak gua kalau kerja emang gak pernah jalan-jalan, kalau kesini buat stand up ya gua stand up doang, habis itu cabut ya cabut," katanya. 

Meski sudah kedua kalinya datang ke Lampung, Ia mengaku belum pernah jalan-jalan dan tidak tahu banyak soal Kota Tapis Berseri ini.

"Tahun lalu, ini yang kedua. Gak tahu belum bisa ngerasain Lampung, Lampung ya kota. Sama panasnya dengan Jakarta. Gajah, sepak bola gajah lampung, ya ada kan ya," tanyanya pada media online Lampung Saibumi.com.

Komika asal Bandung ini juga tidak tahu banyak soal panganan khas Lampung, hanya saja Ia pernah mencoba keripik Lampung.

"Keripik pisang yang monyet-monyet itu ya gambarnya, oleh-oleh dikasih waktu itu. Rasanya enak, soalnya gratis. Bumbu yang paling bikin makanan enak itu ya gratis, mau pakek bawang mau apa, kalau gratis mah enak-enak aja. Bakso Sonny, tahun kemarin mau nyobain tapi habis, jadi gak jadi," ujarnya.

Ditanya soal tempat wisata di Lampung, Ia mengatakan tidak suka berwisata.

"Gua gak suka tempat wisata. Ya gak begitu suka tempat wisata. Buang-buang waktu, harusnya gua bisa ngelakuin hal-hal yang lebih efisien tapi kalau kesitu yang which is gak ada gunanya. Ya gua lebih milih duduk dirumah main PS, atau gak baca buku, atau gak nge-tweet, dibanding ke tempat wisata. Tempat wisata tuh tinggal googling kok gitu," terangnya.

Dengan alasan lelah, komika jebolan ajang SUCI 3 ini tidak menyukai pergi-pergi ketempat wisata.

"Iya, refreshing gua gak pernah ketempat wisata, karena jadinya capek lagi, capek lagi. Ya kalau gua mah mending dirumah aja kalau gak ngumpul sama anak-anak nongkrong dimana gitu," ujarnya.

Usai mengisi acara, Ia dan timnya akan langsung meninggalkan Lampung tanpa berkeliling atau melihat-lihat kota yang terkenal dengan gajahnya ini.

"Abis ini langsung pulang lagi, gak ada rencana. Kalau diliat dari apa yang sudah saya omongin tadi sih tidak. Gajah ada di google, ada di youtube, life is easy, gak usah dibuat repot," ungkap dia.

Menurutnya, traveling lebih semacam pemborosan dan memaksakan kondisi keuangan.

"Kita hidup di dunia tidak harus kemana-mana karena itu cuma membuat kita jadi orang yang ambisius, misal ah gua tahun depan mau kesini ah. Entar ujung-ujungnya budget berapa jadi malah maksain, dari pada kayak gitu kenapa gak lo tabung aja duitnya buat beli sepatu jordan, buat beli motor, mobil, kalau keluarga lo punya gak papa lo hobi traveling," jelasnya.

Bagi sebagian orang, berwisata merupakan salah satu kegiatan liburan yang paling dinanti, namun bagi Uus wisata adalah kegiatan yang kurang efisien.

"Itu sih kata gua bilang kenapa manusia dibuat ekonominya beda-beda. Ada yang mampu buat ke tempat wisata tanpa effort banyak, dan ada juga yang ketempat wisata tuh ngapain sih. Nah gua termasuk yang ngapain sih. Kalau gak ada yang maksa, kayak ditempat wisata itu ada reunian, terus temen-temen banyak kumpul, mungkin gua mau kesana," tutur pria 26 tahun tersebut.

Sebagai seorang komika, Ia mengaku tidak memiliki komika yang diidolakan.

"Gak punya, karena gua dari awal stand up tidak mengidolakan siapapun. Ibaratnya ya gua seniman, kalau seniman itu gak pernah nyontek, ya misalnya lo pelukis, terus lo ngeliat karyanya siapa. Ya kalau lo ngikutin karyanya siapa ya nanti karya lo mirip sama karyanya dia. Makanya gua gak pernah nonton stand up di youtube gitu gak pernah," katanya.

Mengaku bukan tipikal orang yang suka mempersiapkan segala sesuatu sebelum manggung, Ia hanya mempersiapkan garis besar dari materi lawakannya.

"Ya asal aja, kepala aja mikir, dari kehidupan sehari-hari. Gak tahu mau bawain apa, ada spontannya sedikit. Tapi pasti ada garis besarnya. Cuma gua orangnya gak suka menentukan sebelum manggung itu apa dulu, apa dulu gitu gak suka. Lo nyadar gak sih, semakin lo penuh persiapan, ketika lo gagal semakin sakit hati. Ya jadi mending santai aja. Kan cara komika kan beda-beda, kalau gua sih yang santai aja, mau budget berapa ya stand up gua ya gini-gini aja," bebernya.

Masih sibuk mengisi berbagai macam acara, Ia juga membintangi sinetron dan FTV.

"Waduuhh, di Indosiar Stand Up Comedy Club, pertengahan tahun SUCA (Stand Up Comedi academy), SUCI, Stand Up Super. Sinetron ramadhan, Inbox, sama FTV kemarin ada yang nawarin, ada omongan mau ramadhan juga, ngisi-ngisi acara gitu," kata pria yang hobi makanan pedas ini. 

Menurutnya, prinsip yang Ia pegang dan jadikan moto hidup adalah "jangan bermimpi kalau tidak siap sakit hati," tandasnya. (*)

Laporan wartawan Saibumi.com Anggun Tya Isworo

BACA JUGA: Zahra Mutiah: Ke Teknokrat karena Terbuai Buku Prestasi

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong